Pengendalian Penduduk Butuh Keterlibatan Multipihak

Pengendalian Penduduk Butuh Keterlibatan Multipihak

BREBES – Program Keluarga Berencana (KB) bukan hanya penekanan sektor kesehatan dalam hal ini pengendalian penduduk lewat penggunaan alat kontrsepsi, tapi lebih luas lagi artinya keluarga berencana adalah keluarga yang terencana dari semua aspek kehidupan, baik pendidikan, ekonomi, akhlak (agama) , sosial dan lainnya.

Disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Brebes (DP3KB) dr. Sri Gunadi Parwoko, M.Kes saat membuka Workshop Pokja Kependudukan Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Tingkat Kabupaten Brebes, di Aula Gedung Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kamis, (4 /4/2019).

Gunadi menjelaskan kepada semua kepala desa yang hadir, bahwa keberhasilan dalam penanganan pengendalian penduduk tidak serta merta menjadi tanggung jawab satu pihak saja.
“Butuh Komitmen dan keseriusan semua stakeholder terkait, karena masalah penduduk jadi tanggung jawab semuanya, penanganannya harus holistik. Peran pemerintah desa dan masyarakat di tingkat bawah inilah yang sangat menentukan. Penggunaan dana desa pun sudah dianjurkan untuk hal tersebut, mengingat program ini sesuai Nawa Cita Presiden Indonesia yaitu Nawa Cita Nomor 3,5 dan 8,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Abdul Jabar, M.Pd selaku narasumber, bukan hanya dinas DP3KB saja tapi menjadi tanggung jawab bersama dan keberhasilan ini juga bila programnya bisa dijalankan sesuai arahan dan dengan disesuaikan pada kearifan lokal.
“Peran kepala desa sebagai pemangku kebijakan di desa sangatlah dominan. Maka diharapkan koordinasi antara fasilitator Kampung KB dengan kepala desa harus terjalin. Payung hukumnya pun jelas dari UU, Peraturan Gubernur sampai Peraturan Bupati pun ada,” sampainya.

Program KKBPK merupakan program nasional dan penduduk adalah sentra pembangunan, jika tidak dikendalikan maka akan menimbulkan gejolak sosial. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 48 kepala desa se-kabupaten Brebes yang sudah terbentuk Kampung KB. (her)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *