Alipah Inspirator GKB Desa Cenang

Alipah Inspirator GKB Desa Cenang

Brebes  – Program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) yang telah berjalan sejak tahun 2017 atas inisiasi Unicef dan Pemerintah Kabupaten Brebes telah mengembalikan Anak Tidak Sekolah (ATS) sebanyak 4.074 anak hingga saat ini.
 
Salah satunya adalah Alipatul Adawiyah (16), atau biasa disapa dengan panggilan akrabnya Alipah. Alipah merupakan anak yang kembali bersekolah program GKB, dari Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes yang selalu mendapat rangking 1 di kelasnya dan menjadi motivator bagi anak yang tidak melanjutkan agar tetap melanjutkan.
 
Anak dari pasangan Casmito dan Amsani Rt. 04/07 Desa Cenang ini merupakan anak ke 4 dari 6 bersaudara. Alipah tidak melanjutkan sekolah ke jenjang SMP karena faktor ekonomi, dimana orang tuanya hanya buruh tani.
 
Sebelum melanjutkan sekolah seperti sekarang ini di SMP Dharma Bhakti Slawi, Alipah sempat bekerja di warteg selama 1 tahun. Kemudian Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Desa Cenang yang diketuai oleh Patkhuroji bekerjasama dengan Kades Cenang serta Babinsa mendatangi rumah Alipah.
 
Menurut Patkhuroji, sempat terjadi miss komunikasi antara FMPP dan keluarga Alipah karena orang tuanya sempat menolak.
” Pada saat kami hadir kerumah, orang tua Alipah menolak tawaran agar Alipah kembali bersekolah, karena Alipah sudah bekerja di warteg dan bisa membantu perekonomian keluarganya. Namun setelah Pak Kades dan Babinsa ikut membantu menjelaskan kepada orang tua Alipah, akhirnya mereka mengerti dan memperbolehkan Alipah kembali bersekolah,” ujar Patkhuroji.
 
Kini Alipah kelas 2 di SMP Dharma Bhakti Slawi, orang tuanya pun ikut bangga, karena putrinya selalu mendapat rangking 1 dikelasnya. Alipah pun bersemangat, setiap ada anak yang lulus SD dan tidak melanjutkan sekolah ke SMP, Alipah memberikan motivasi kepada mereka.
 
Diantaranya ada Korisah dan Nunung Nurhidayah yang kembali bersekolah setelah Alipah ikut memotivasi mereka agar melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.
 
“Terima kasih GKB, terima kasih FMPP, terima kasih Pak Kades dan Pak Babinsa yang telah membantu saya melanjutkan sekolah,” ucap Alipah lirih. (AA)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *