Tanamkan Jiwa Demokrasi, Siswa Gelar Pilkaos

Tanamkan Jiwa Demokrasi, Siswa Gelar Pilkaos

DP3KB_Brebes Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 4 Larangan Kabupaten Brebes menyelenggarakan pemilihan Umum Ketua OSIS (Pilkaos) periode 2017/2018, pemilihan ini layaknya seperti tata cara pemilihan kepala daerah (Pilkada) yaitu dengan melakukan pencalonan dan pencoblosan secara langsung.
Dari 5 pasangan calon, dilakukan pemilihan putaran 1 di hari sabtu kemarin dengan jumlah suara sebanyak 293, dan paslon nomor 1 atas nama Moh. Azwar Anas dan Reni Sefa Ningsih mendapatkan 92 suara, dan paslon nomor 2 atas nama Haryanto dengan Siti Rokmah dengan 30 suara, untuk paslon nomor 3 atas nama Rohatun Amalia dengan Ria Imeliana 35 suara, dan paslon nomor 4 atas nama Anggun Cici Y dengan Lian Rosiana mendapatkan 20 suara serta paslon nomor 5 atas nama Asem Saefudin dengan David Dermawan 116 suara, sehingga nomor urut 1 dan 5 melaju ke putaran kedua.

Pembina OSIS, Siwi Sitoresmi (32), mengatakan pemilihan seperti ini untuk memberikan pembelajaran bagi siswa agar menggunakan hak suaranya kepada kandidat ketua osis.
” Wujud penanaman demokrasi sejak dini untuk melatih para siswa memberikan partisipasi kepada temannya dalam pilkaos di sekolah ini,” katanya.

Menurutnya, pemilihan ketua osis dengan cara seperti ini sudah dilaksanakan kedua kalinya, dan lebih efektif serta mendorong siswa-siswi lainya bisa menanamkan jiwa demokrasi di sekolah untuk memilih secara langsung.
“Hal ini perlu ditanamkan untuk mengajarkan para siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya,” tambahnya.

Lanjut dia, para siswa sangat antusias dalam mendukung dan melakukan proses pemungutan suara di bilik yang sudah disediakan sekolah.
” Sabtu kemarin putaran pertama dan hari ini putaran kedua sebagai finalisasi dari kandidat ketua dan wakil osis secara jujur, adil dan rahasia,”lanjutnya.

Proses pemilihan ini, tata caranya yakni para siswa mendapatkan 1 kertas berisi nama kandidat yang harus di pilih dengan mengantri secara bergiliran, dan memilih langsung di balik bilik yang sudah di sediakan setelah melakukan pemilihan dengan cara di pencoblosan pada surat suara tersebut dan di masukan dalam kotak suara.

Sementara itu, Ketua OSIS SMPN 4 Larangan, Sunidah (15), mengungkapkan rasa bangga ya terhadap penitia pemilihan ketua osis, sehingga dari mulai pelaksanaan dan babak pemilihan bisa terselenggara berjalan lancar dan sukses.
“Kami sangat apresiasi, pilkaos ini bisa mendapatkan ketua osis baru semoga bisa menjalankan amanah dari kepengurusan sebelumnya,”ungkapnya.

Dalam pemilihan ketua dan wakil ketua osis di putaran kedua, jumlah pemilih sebanyak 257 suara, dengan akhirnya pasangan calon nomor urut 5 terpilih dengan suara terbanyak yakni 145 atas nama Asep Saefudin dan David Dermawan di susul oleh pasangan no urut 1 dengan 112 suara.(Dardirjo)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *