Wujudkan Masyarakat Sehat, Desa Kaliloka Gelar Pasar MASSE

Wujudkan Masyarakat Sehat, Desa Kaliloka Gelar Pasar MASSE

Brebes – Pemberdayaan masyarakat dengan menggelar pasar Masyarakat Sehat (MASSE), disamping mengenalkan makanan yang sehat, asli olahan masyarakat dan alami, juga untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat. Pasar MASSE yang insyaallah akan diadakan setiap minggu merupakan rintisan pasar wisata desa.

Disampaikan Kepala Desa Kaliloka Nanang saat menghadiri pasar MASSE, yang digelar di halaman Balaidesa Kaliloka Kecamatan Sirampog, Minggu (3/11).

Nanang menambahkan acara ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kembali rasa cinta masyarakat Kaliloka, khususnya generasi muda agar lebih cinta kepada produk lokal.

“Generasi muda perlu dikenalkan makanan tradisional, jangan makan yang fast food terus. Makanan tradisional sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak kita,” tambahnya.

Kegiatan ini juga sebagai pemberdayaan perempuan, semua ibu rumah tangga bisa ikut berjualan. Nantinya pedagang akan dilatih untuk menjelaskan kandungan gizi yang ada pada makanan yang dijual.

Rokhayati Salah satu pedagang jajanan tradisional merasa sangat senang dan terbantu, dengan adanya pasar MASSE bisa menambah penghasilan keluarga serta menambah pengetahuan dirinya tentang makanan tradisional.

Hari pertama pasar dibuka sudah ada puluhan pedagang yang menjajakan dagangannya, jenis jajanan yang dijual seperti getuk, risol, bakwan, ketela godog, bentul, lopis, nasi kuning, nasi lengko dan masih banyak lainnya. Senam pagi juga menjadi agenda rutin ketika pasar MASSE digelar, ini sebagai bentuk mewujudkan program GERMAS.(Her)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *