Satu Mobil Molin Diberikan Ke Pemkab Brebes dari Kementrian PPPA RI

Satu Mobil Molin Diberikan Ke Pemkab Brebes dari Kementrian PPPA RI

Brebes  – Pemerintah Kabupaten Brebes lewat Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3KB) mendapatkan bantuan hibah kendaraan operasional Mobil Perlindungan ( Molin) dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPA RI). Ada 44 Kab/Kota di Indonesia yang mendapatkan bantuan molin tersebut diantaranya adalah Kabupaten Brebes.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengatakan, ada Molin dan Motor Perlindungan dan Anak (Torlin) yang telah diberikan ke daerah sebanyak 247 unit molin dan 404 unit torlin, dan akan diserahkan secara bertahap.

” Pihaknya memberikan molin dengan tujuan untuk memperluas jangkauan pelayanan penanganan, pencegahan dan pemberdayaan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak, karena melihat luasnya wilayah Indonesia, Kemen PPPA menilai perlu memperkuat unit pelayanan terpadu PP dan PA dengan memberikan bantuan peningkatan sarana/prasarana berupa penyediaan kendaraan operasional P2TP2A, ” ujar menteri yohana di jakarta, kemarin.

Lanjut Yohana Yembise, molin disediakan dengan memperhatikan spesifikasi tertentu sesuai kebutuhan penanganan kekerasan. Melalui Molin ini kab/kota nantinya semakin terdorong optimalisasi teknis penyediaan layanan perlindungan perempuan dan anak yang ada di daerah, seperti gugus tugas pencegahan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang ( GT PPTPPO) rumah sakit rujukan, rumah perlindungan trauma center (RPTC), rumah perlindungan sosial anak (RPSA) dan lembaga penyedia layanan lainnya.

Sementara itu Drs. H. Hambali, MH mengatakan, pihaknya telah menerima bantuan hibah molin di institusinya, dan mobil tersebut sudah berada beroperasi untuk layanan perlindungan perempuan dan akan sesuai dengan petunjuk teknis dari pihak kementrian.

” Satu unit molin ini telah berada di kantor dan sudah ada driver khusus serta tim pendampingan layanan korban kekerasan baik itu perempuan maupun anak, mobil ini digunakan sesuai amanat peruntukannya,” katanya, jumat (31/8/2018).

Sedangkan untuk operasional molin nanti dianggarkan dari dana APBD Kabupaten yang melekat di Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. ( Bahrul Ulum)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *