Raudlotul Janah, Kayuh Sepeda Demi Gerakan Literasi

Raudlotul Janah, Kayuh Sepeda Demi Gerakan Literasi

Brebes, – Berbagai cara para pegiat literasi menggemakan agar minat baca masyarakat semakin meningkat, tat kala mereka terus menciptakan inovasi dan perjuangan yang cukup kreatif, dari perjuangan menggerakkan budaya baca dengan mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) atau sekedar mengumpulkan buku untuk anak-anak sekolah di kampungnya.

Raudlotul Jannah (29) warga Desa Limbangan Rt 4 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes merupakan sosok inovatif, betapa tidak, dengan sepeda miliknya, dirinya terus menyuarakan gerakan literasi dengan perlunya membaca buku sebagai jendela dunia.
Dengan sepedanya, dirinya menjajakan buku-buku bacaan yang berisikan seperti buku cerita islami, komik, novel, ensiklopedia, buku umum dan lain-lainnya, pasalnya dirinya terus berpindah pindah tempat dari Sekolah Dasar (SD) satu ke sekolah lain atau ke Desa di Kecamatan Losari.


” Setiap Jumat atau minggu jadwalnya untuk berkeliling ke beberapa sekolah dan Desa untuk mengiderkan sekitar 1.500 koleksi buku yang dibawa untuk di baca para siswa atau anak-anak di sela istirahatnya,” tuturnya, Jumat (19/7).

Menurutnya, dengan seperti ini akan lebih efektif dan efisien bagi para siswa terus baca dan membaca.
” Dari sejak tahun 2018 dengan mendirikan Rumah Baca An-Nur sampai sekarang demi anak-anak di Brebes bisa lebih suka bawa buku ke sekolah daripada gadget,” tambahnya.

Dengan seorang diri, Raudloh sapaanya, terus mengayuh sepedanya sejauh 5 km untuk menuju ke sekolah yang di tuju.
” Alhamdulillah pihak sekolah mengijinkan untuk memberikan ruang bagi saya untuk kegiatan ini, sehingga siswa ketika saya datang langsung menanti buku yang saya bawa,” jelasnya.

Adapun beberapa sekolah yang pernah dia singgahi yakni SDN 01 Prapag Lor, SDN 02 Prapag Lor, SDN 01 Karang dempel, SDN 02 Karang dempel, MI karang dempel, MI prapag lor, SDN 01 Prapag kidul, SDN 02 Prapag kidul, SDN 03 Prapag kidul, SDN 01 limbangan, SDN 02 Limbangan, SDN 01 Pengabean, SDN 02 Pengabean, dan SDN 03 pengabean Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.

Baginya, lanjut dia, dirinya berharap dengan apa yang dirinya lakukan akan menuai positif bagi anak-anak di kabupaten Brebes.
” Hanya ingin berbakti pada Brebes, dan anak-anak bisa mengenal buku, mendapatkan hak untuk membaca buku yang bagus serta baik bagi anak seumurannya,” ungkapnya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *