Ratusan Pelajar Suarakan Kelestarian Alam di Brebes

Ratusan Pelajar Suarakan Kelestarian Alam di Brebes

Ratusan pelajar di Brebes, Jawa Tengah, melakukan aksi damai suarakan kepedulian atas kelestarian lingkungan hidup. Mereka mendorong pemerintah daerah segera bertindak mengatasi persoalan yang mengancam kelestarian alam di wilayah mereka.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edi Kusmantoro mengatakan, unjuk rasa ini bagian dari kegiatan pemilihan duta lingkungan hidup. Kegiatan sudah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu.
“Hari ini final pemilihan duta lingkungan hidup kabupaten Brebes. Rangkaian kegiatannya adalah show a force atau demonstrasi kampanyekan pelestarian alam hayati, ” katanya di Gedung DPRD Brebes, Minggu, 13 Agustus 2017.
Edi menambahkan, ada 30 peserta dari berbagai sekolah tingkat atas yang berkompetisi. Masing masing membawa sepuluh pendukung dalam kegiatan unjuk rasa.
Start dari halaman SMA 2  Brebes, kemudian berjalan menuju gedung DPRD setempat melewati jalan pantura. Para peserta juga menunjukkan kreatifitasnya dengan mengenakan busana berbahan bekas.
Layaknya model busana, para peserta kemudian berjalan di atas catwalk untuk dinilai para juri. Selain atitude,  mereka juga diuji tentang pengetahuan dan wawasan lingkungan hidup.
“Nanti akan dipilih dua, satu putra dan putri sebagai duta lingkungan hidup Kabupaten Brebes, ” pungkasnya.
Sementara Bupati Brebea, Idza Priyanti memyambut baik kegiatan ini mengingat masih banyak persoalan terkait lingkungan hidup. Ia berharap, para pelajar mampu berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam di lingkungannya.
“Persoalan yang minimal bisa dilakukan adalah para pelajar bisa ikut mengontrol volume sampah rumah tangga di lingkungannya. Mengajak warga sekitar untuk mengurangi sampah rumah tangga dan lebih bagus lagi kalau bisa mendirikan bang sampah, ” ujarnya.
Terbatasnya jumlah tempat pembuangan akhir sampah membuat sampah di Kabupaten Brebes, belum tertangani. Padahal, produksi sampah di Brebes mencapai sekitar 1.000 ton per hari.
Data Dinas Lingkungan Hidup menyebutkan total produksi sampah di Brebes hingga tingkat pedesaan mencapai 4.350 meter kubik atau sekitar 1.087 ton per hari. Namun, untuk sampah perkotaan produksinya sebesar 312,5 ton per hari.(Kuntoro)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *