PERTEMUAN LINTAS SEKTOR PROGRAM KELUARGA BERENCANA TINGKAT KABUPATEN BREBES DENGAN TEMA “KBPP PILIHANKU”

PERTEMUAN LINTAS SEKTOR PROGRAM KELUARGA BERENCANA TINGKAT KABUPATEN BREBES DENGAN TEMA “KBPP PILIHANKU”

img
Jatibarang (18/10/2022), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Brebes menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Lintas Sektor Program Keluarga Berencana Tingkat Kabupaten Brebes Dengan Tema “KBPP Pilihanku”. Kegiatan ini diselenggarakan di Meeting Room Hotel Anggraeni Jatibarang dengan total tamu undangan sebanyak 50 tamu undangan dari berbagai lintas sektor di Kabupaten Brebes. Hadir pula Wakil Bupati Kabupaten Brebes Bapak Narjo, S.H., M.H., selaku Ketua TPPS Kabupaten Brebes dan para narasumber diantaranya narasumber dari BKKBN Provinsi Jawa Tengah Bapak drg. Widwiono, M.Kes., narasumber dari DP3KB Kabupaten Brebes Bapak Drs. Akhmad Ma’mun, M.Si., dan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ibu Ineke Tri Sulistyowati, SKM., M.Kes.

img

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala DP3KB Kabupaten Brebes Bapak Drs. Akhmad Ma’mun, M.Si., Dalam sambutannya, Kepala DP3KB Kabupaten Brebes menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa tengah Bapak drg. Widwiono, M.Kes., dan Wakil Bupati Kabupaten Brebes Bapak Narjo, S.H., M.H. beserta para narasumber dan seluruh tamu undangan yang sudah hadir dalam kegiatan ini. Selanjutnya sambutan dari Wakil Bupati Kabupaten Brebes Bapak Narjo, S.H., M.H. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kabupaten Brebes menyampaikan bahwa berhasilnya program KB akan berdampak baik bagi penurunan angka kematian ibu, angka kematian bayi dan penurunan kasus stunting di Kabupaten Brebes.

Sebelum penyampaian materi ada pemberian penghargaan dari DP3KB Kabupaten Brebes dan sponsorship dari RS. Bhakti Asih Brebes untuk Balai Penyuluhan KB dan PLKB kecamatan dengan perolehan akseptor terbanyak di tahun 2022. Dalam sesi ini disampaikan oleh Sub Koordinator Pembinaan dan Kesertaan ber-KB Bidang KBKKK DP3KB Kabupaten Brebes dengan hasil sebagai berikut :
– Capaian MOW urutan 1 : Balai Penyuluhan Kecamatan Bumiayu (perolehan 20 akseptor)
– Capaian MOW urutan 2 : Balai Penyuluhan Kecamatan Wanasari (perolehan 15 akseptor)
– Capaian MOW urutan 3 : Balai Penyuluhàn Kecamatan Bulakamba (perolehan 12 akseptor)
– Capaian MOW urutan 4 : Balai Penyuluhan Kecamatan Jatibarang (perolehan 9 akseptor)
Masing-masing penghargaan diterima langsung oleh Koryan P3KB Kecamatan.
Sedangkan untuk perolehan MOP terbanyak diberikan khusus kepada PLKB dari Balai Penyuluhan Kecamatan Jatibarang yaitu Bapak Darojat (perolehan 26 akseptor)

img

Selanjutnya penyampaian materi dipandu oleh Moderator Kabid KB dan KKK Ibu Dra.Sopuroh. Narasumber pertama yaitu Bapak. drg. Widwiono, M.Kes selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah menjelaskan materi tentang Kebijakan dan Pemanfaatan Data KBPP Kabupaten Brebes bahwa capaian KBPP di Kabupaten Brebes saat ini belum mencapai 70% dan sangat perlu ditingkatkan dengan metode kontrasepsi yang lebih baik yaitu menggunakan KB MKJP.

img

Kemudian penyampaian materi dari narasumber kedua yaitu Ibu Ineke Sulistyowati, SKM., M.Kes. selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menjelaskan materi tentang KB Pasca Persalinan Dalam Penurunan AKI di Kabupaten Brebes.

Dipertengaham sesi materi diadakan senam peregangan. Seluruh tamu undangan mengikuti kegiatan ini dengan sangat meriah.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumer terakhir yaitu Bapak Drs. Akhmad Ma’mun, M.Si. selaku Kepala DP3KB Kabupaten Brebes menjelaskan materi tentang Evaluasi dan Strategi Program KB Pasca Persalinan di Kabupaten Brebes bahwa unmeetneed per September 2022 di Kabupaten Brebes adalah 12,45%, Peserta Aktif/CPR per September 2022 di Kabupaten Brebes adalah 68,46%, sedangkan KB Pasca Persalinan adalah 64,90% dan KB MKJP adalah 40,08% dan Kegiatan ini diakhiri dengan sesi diskusi panel.

img

Note
Materi Pertemuan Lintas Sektor Program Keluarga Berencana Tingkat Kabupaten Brebes dengan tema “KBPP Pilihanku” bisa di download pada link berikut :
https://tinyurl.com/MateriKBPPPilihanku

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.