Pemantapan GSIB Untuk Turunkan AKI

Pemantapan GSIB Untuk Turunkan AKI

Brebes – Pemerintah Kabupaten Brebes Jawa Tengah, melalui Bidang Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3KB), melakukan kegiatan pemantapan Pokja Gerakan Sayang Ibu dan Bayi (GSIB) di Desa Kaligiri Kecamatan Sirampog, Rabu 24 April 2019.

Kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman pada masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) karena hamil, bersalin, nifas dan bayi.

Kabid Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak DP3KB Brebes, Rini Pujiastuti mengatakan, merupakan gerakan percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi yang dilaksanakan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat.

GSIB meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian dalam upaya interaktif dan sinergis, dimana kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu wujud hak asasi perempuan dan anak.

“Kesehatan ibu dan anak khususnya bayi baru lahir, merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat, organisasi kemasyarakatan,” kata Rini saat memberi sambutan pembukaan.

Menurutnya, kegiatan GSIB selain bertujuan menurunkan angka kematian ibu dan balita, juga memiliki banyak tujuan lainnya, yakni meningkatkan pengetahuan, wawasan, komitmen dan menetapkan kesadaran dan kepedulian terhadap perempuan.

Kegiatan yang diikuti oleh peserta yang terdiri dari penggerak PKK Desa, kader kesehatan dan bidan desa serta lainnya ini menghadirkan Rahayu Spek Ham dari NGO peduli perempuan dan anak Solo, sebagai pemateri.

Pada kegiatan tersebut, peserta mendapatkan motivasi dan pemahaman tentang pentingnya melakukan perlindungan terhadap perempuan dan bayi.

Selain di Desa Kaligiri, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Desa Parireja Kecamatan Banjarharjo. Kedua desa tersebut telah menjadi percontohan untuk maslah perlindungan perempuan dan bayi.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *