Fanbes Suarakan Sekolah SLB Brebes Selatan di Musrengbangwil Eks Kresidenan Pekalongan

Fanbes Suarakan Sekolah SLB Brebes Selatan di Musrengbangwil Eks Kresidenan Pekalongan

Brebes – Bertempat di aula Pemkab Batang, 2 orang perwakilan Forum Anak Brebes menghadiri acara Musrengbangwil Eks Kresidenan Pekalongan. Rabu (13/03/2019). Hadir dalam acara tersebut adalah Forum Anak Kab/Kota, Forum Disabilitas, Forum Pemerhati Pendidikan, Forum Kesehatan, Organisasi Profesi, Organisasi Partai Politik dan Bupati/Walikota serta OPD Di Eks Kresidenan Pekalongan.

Brillian mewakili Fanbes menyampaikan usulan sekolah bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Brebes selatan kepada Wakil Gubernur yang memimpin Acara Musrengbangwil Eks Kresidenan Pekalongan.

Wagub Jateng H. Taj Yasin memberikan masukan dan mendorong karena keterbatasan SLB atau sekolah luar biasa, maka solusinya adalah sekolah inklusi, dan pihaknya akan mendorong kepada OPD di lingkungan Pemprov Jateng untuk menetapkan sekolah inklusi sebagai jurus jitu bagi pendidikan ABK di Jawa Tengah.

Gus Yasin juga menambahkan, bahwa sekolah inklusi yang ada sudah ada kurikulumnya, bahkan tersedia master trainer sekolah inklusi, nanti akan kita dorong segera di tiap kabupaten/kota biar ada pokja Inklusi untuk kemudahan akses pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

Disamping masukan dari forum anak, ada juga forum disabilitas yang mengajukan usulan, yakni dari pekalongan untuk pelatihan life skill dan akses jalan yang baik, karena selama ini beberapa ruas jalan yang dilalui oleh disabilitas belum ramah terhadap disabilitas.

Untuk usulan masing-masing Bupati/Walikota lebih dominan prioritas infrastruktur dibandingkan pemberdayaan, rata-rata mengajukan usulan ke Dana Bantuan Gubernur atau dana yang bersumber dari Provinsi Jawa Tengah berkisar antara Rp 50 milyar hingga 100 milyar.

Diakhir acara, dilakukan perumusan hasil Musrengbangwil Pantura Barat yang dipimpin oleh Setda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono KS. ( Bahrul Ulum)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *