BPD Desa Kebandungan Dukung Kampung KB

BPD Desa Kebandungan Dukung Kampung KB

Brebes (dp3kb.brebeskab.go.id) – Pemerintah Desa Kebandungan Kecamatan Bantarkawung, menggelar kegiatan Sosialisasi Kampung KB. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Desa Kebandungan ini merupakan rangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dibiayai dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh dua puluh lima orang peserta yang terdiri dari unsur TP. PKK Desa Kebandungan, BPD, LPM, Ketua RT, Ketua RW serta para kader KB dan kader Posyandu. Rabu (31/7)

Kepala Desa Kebandungan Wirsad, S.Sos., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Kampung KB ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat yang biaya penyelenggaraannya bersumber dari Dana Desa Tahun 2019. Lebih lanjut Wirsad, S,Sos, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Sosialisasi Kampung KB ini adalah untuk mengenalkan Program Kampung KB kepada perwakilan masyarakat desa Kebandungan yang berkesempatan hadir. Dengan adanya kegiatan ini, Kepala Desa Kebandungan berharap agar para peserta nantinya dapat menerapkan dan mengaplikasikan apa yang disampaikan oleh narasumber demi kemajuan Desa Kebandungan.

Sementara itu, narasumber pada pertemuan Iman Solikhin, S.Sos., M.A.P., menyampaikan bahwa Kampung KB merupakan salah satu program unggulan KB di era pemerintahan saat ini dalam mengimplementasikan Nawa Cita. Selain itu, Kampung KB juga merupakan kegiatan konkrit untuk merevitalisasi Program KB yang dalam 10 (sepuluh) tahun terakhir belum menunjukkan kinerja yang menggembirakan. Kampung KB juga merupakan implementasi dari 8 (delapan) fungsi keluarga.

Narasumber selanjutnya menyampaikan bahwa tujuan dari dibentuknya Kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas dengan semangat gotong royong dan kemandirian. Selain pemaparan materi, pada kesempatan tersebut narasumber juga menampilkan beberapa foto-foto kegiatan yang telah dilaksanakan di Kampung KB yang telah berdiri cukup lama. Hal ini dimaksudkan agar para peserta lebih tertarik dengan Program Kampung KB.

Hal senada juga disampaikan oleh PPKBD Desa Kebandungan Dewi Aryanti, menyambut baik kegiatan Sosialisasi Kampung KB ini. Menurutnya, melalui kegiatan ini diharapkan para peserta yang hadir akan merasa tertarik untuk kemudian berinisiatif membentuk Kampung KB di salah satu RW di Desa Kebandungan. Dia berharap, jika kelak di Kebandungan benar-benar terbentuk Kampung KB, maka diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Di akhir acara, Handoyo selaku Ketua BPD Desa Kebandungan menyatakan mendukung sepenuhnya jika di Desa Kebandungan dibentuk Kampung KB. Sebab menurutnya, berdasarkan penyampaian materi yang disampaikan oleh narasumber secara konsep Program Kampung KB merupakan sebuah program yang bagus dalam upaya mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. “Saya selaku Ketua BPD Desa Kebandungan mendukung sepenuhnya jika masyarakat berinisiatif untuk membentuk Kampung KB” pungkasnya.

Kontributor : Iman Solikhin

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.