Tim Reseach Universitas Jendral Soedirman memberi semangat baru bagi Jurnalis Warga Paguyangan

Tim Reseach Universitas Jendral Soedirman memberi semangat baru bagi Jurnalis Warga Paguyangan

Brebes  – Rabu, 26 Juni 2019 Jurnalis Warga (JW) Paguyangan kembali dipertemukan di Rumah Makan Sambel Tlenjeng Paguyangan, pertemuan ini atas undangan tim peneliti Jurnalis Warga oleh dosen-dosen Universitas Jendral Soedirman (UNSOED). JW Paguyangan dijadikan subyek riset dalam penelitian model pemberdayaan masyarakat melalui Jurnalis Warga.

Riset ini dilakukan oleh DR. Edy Santoso dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNSOED yang menguasai hal kejurnalistikan dan Shinta Prastianti, MA. Yang membidangi pemberdayaan masyarakat. Kedua peneliti ini ingin mengetahui seberapa besar peran JW dalam memberdayakan desa dan menarik antusias masyarakat dalam hal pemberitaan yang ada disekitarnya.

5 JW yang hadir dari Wanatirta, Pagojengan, Paguyangan dan 2 dari Kedungoleng menjawab semua pertanyaan para peneliti dengan semangat, menceritakan awal mula menjadi JW dan perkembangannya selama kurang lebih 2 tahun menjadi JW. Dari pembuatan berita yang bisa langsung berpengaruh pada lingkungan masyarakat dan bahkan mempengaruhi Pemerintahan Desa serta Kabupaten menjadi lebih peduli lagi terhadap pelatanan masyarakat.

Para JW yang beberapa bulan ini cenderung vakum pemberitaan menjadi tersulut api semangatnya, pertemuan dengan para peneliti ini kembali menumbuhkan semangat menulis kembali. “Saya siap kapanpun JW undang untuk kembali berbagi ilmu tentang menulis,” ungkap Edi saat melihat antusiasme JW ingin menambah ilmu menulisnya. Janji Edi menambah semangat JW karena makin terasa keren akan mendapat ilmu menulis dari seorang dosen Universitas Negeri.

Seperti yang disampaikan Sunarti (28) salah satu JW dari Kedungoleng “Saya makin percaya diri untuk menulis baik berupa berita, puisi ataupun cerita”. (VSK), (B.U)

About The Author

Related posts

1 Comment

  1. Riski

    Mudah mudahan jw sebagai jurnalis yang berangkat dari masyarakat mampu menyajikan informasi yang lebih akurat dan tanpa.kepentingan pribadi sehingga jurnalnya benet bener murni

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *