TEMU GENRE DAN PIK-R DALAM RANGKA PESANTREN KILAT SEHAT RAMADHAN TINGKAT KABUPATEN BREBES TAHUN 2023

TEMU GENRE DAN PIK-R DALAM RANGKA PESANTREN KILAT SEHAT RAMADHAN TINGKAT KABUPATEN BREBES TAHUN 2023

Brebes (2/4/2023), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencena Kabupaten Brebes mengadakan kegiatan Temu Genre dan PIK-R Dalam Rangka Pesantren Kilat Sehat Ramadhan Tingkat Kab. Brebes Tahun 2023 dengan tujuan untuk menambah pengetahuan Forum Genre akan Gizi remaja dan Kesehatan Reproduksi Remaja dalam upaya percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Brebes, meningkatkan keterampilan komunikasi remaja untuk memberikan informasi terhadap sebayanya dan meningkatkan rasa empati remaja agar gemar berbagi terhadap sesama sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini remaja dapat mengenal dirinya sepenuhnya, mendapatkan hak mereka terhadap informasi yang komperehensif tentang kesehatan reproduksi, seksualitas dan life skill, selain itu remaja menjadi mempunyai otoritas dan mampu untuk memutuskan apa yang terbaik bagi dirinya sendiri.

 

img

Kegiatan ini dihadiri oleh Forum Genre Kabupaten Brebes, Duta Genre Kabupaten Brebes, PIK-R Sekolah Perwakilan di 17 Kecamatan se-Kabupaten Brebes, Forum Anak Kabupaten Brebes. Hadir pula Kepala DP3KB Kab. Brebes Bapak Drs. Akhmad Ma’mun, M.Si, Kepala Bidang KBKKK Ibu Dra. Sopuroh beserta Subkoordinator KB dan KKK Ibu Imaniyati Komalasari, SKM dan Ibu Ns. Afiyah Hidayati, S.Kep serta narasumber dari PERSAGI Cabang Kab. Brebes Bapak Arief Luqman Hakim, S.Gz. dan narasumber dari PPPKMI Cabang Kab. Brebes Ibu Nuke Prasetyani N., SKM., M.Kes.

 

Dalam sambutannya, Bapak Drs. Akhmad Ma’mun, M.Si menyampaikan bahwa remaja adalah masa perubahan atau peralihan dari anak-anak ke masa dewasa yang meliputi perubahan biologis, perubahan psikologis, dan perubahan sosial dan di Indonesia ini memiliki potensi remaja yang besar jumlahnya. Namun, dimasa remaja ini rentan terhadap berbagai permasalahan dan juga perilaku berisiko seperti bullying, kekerasan seksual, narkoba, dan lainnya sehingga dalam rangka meningkatkan kualitas remaja dan menciptakan generasi yang berkarakter diadakannya Forum Genre sebagai organisasi remaja di bawah naungan DP3KB Kabupaten Brebes untuk mandiri menyusun program kerja Forum Genre Tingkat Kabupaten Brebes diharapkan remaja mempunyai otoritas¬† dan mampu untuk memutuskan apa yang terbaik bagi dirinya. Sebagai generasi yang akan melangsungkan perkawinan dan memulai hidup berkeluarga, remaja juga akan menjadi penerus estafet kepemimpinan Indonesia mendatang, sehingga remaja perlu mendapatkan pengetahuan sebagai bekal untuk dapat menerapkan perilaku hidup yang positif dan adaptif dalam lingkungan.

 

img

DP3KB Kabupaten Brebes melalui Bidang KB KKK memfasilitasi Forum Genre Kabupaten Brebes pada kegiatan Temu Forum Genre dan PIK-R yang dikemas dalam bentuk Pesantren Kilat Sehat Ramadhan Tingkat Kabupaten Brebes untuk mengisi waktu remaja di Bulan Ramadhan agar lebih produktif dan bermanfaat. Selanjutnya penyampaian materi oleh narasumber dan sesi diskusi yang dimoderatori oleh Kepala Bidang KBKKK Ibu Dra. Sopuroh. Materi pertama tentang Gizi Remaja Dalam Pencegahan Stunting oleh Bapak Arief Luqman Hakim, S.Gz. dari PERSAGI Cabang Kab. Brebes. Materi selanjutnya tentang Kesehatan Reproduksi Remaja oleh Ibu Rima Rifada, S.ST. dari IBI kabupaten Brebes.

 

Acara selanjutnya adalah Tadarus bersama Khotmil Qur’an oleh seluruh peserta, sholat berjamaah bersama. Kemudian dilanjutkan dengan Materi terakhir tentang Teknik komunikasi pada Remaja oleh Ibu Nuke Prasetyani N., SKM., M.Kes. dari PPPKMI Cabang Kab. Brebes beserta Tim Penyuluh Kesehatan Ibu Mutia Mei Tsuraya, SKM, M.KM dan Ibu Laeli Apriyanti, SKM, M.Kes.

Selanjutnya Sharing Session dari PIK-R SMA Bumiayu, SMA N 2 Brebes dan Duta Genre Kab. Brebes. Pada kegiatan ini, tidak hanya materi yang diberikan tetapi juga kegiatan Sosial berupa Pembagian Takjil dan Santunan yang bekerjasama dengan IPEKB Kabupaten Brebes, PPKMI Kabupaten Brebes dan Forum Anak Kabupaten Brebes. Kegiatan pada hari ini diakhiri dengan Berbuka Puasa Bersama dan Sholat Berjamaah.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *