Sosialisasikan PPT “TIARA” di RSUD Bumiayu

Sosialisasikan PPT “TIARA” di RSUD Bumiayu

RSUD Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah memberikan pelayanan secara gratis kepada pasien anak dan perempuan korban kekerasan. Hal itu diungkapkan Direktur RSUD Bumiayu dr Ali Budiarto saat mengawali sambutan kegiatan sosialisasi Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Tiara di Aula RSUD tersebut, Jumat 15 Februari 2019.

“Sudah ada kerja sama dengan PPT Tiara, bahwa untuk anak dan permpuan korban kekerasan bebas biaya baik visum maupun perawatan,” ujarnya.

RSUD juga akan memberikan pelayanan psikologi kepada mereka. Layanan itu diberikan, mengingat para anak dan perempuan korban kekerasan baik fisik maupun seksual biasanya mengalami goncangan mental dan trauma berat.

“RSUD mensuport pemerintah dalam upaya perliindungan terhadap anak dan perempuan, dan kerja sama dengan PPT Tiara sudah ada sejak 2016 lalu,” ucap Ali.

Ketua PPT Tiara Kabupaten Brebes, Dra Aqilatul Munawaroh MPd mengatakan, bukan hanya membebaskan biaya, RSUD Bumiayu juga harus memberikan pelayanan dan perlindungan khusus kepada anak dan perempuan korban kekerasan. Pelayanan tersebut diberikan dengan standar yang lebih khusus.

“RSUD harus ada tim khusus untuk menangani dan memberikan pelayanan terhadap anak dan perempuan korban kekerasan,” katanya saat memberikan sosialisasi.

Pelayanan terhadap korban tersebut juga tidak dibatasi oleh waktu. Setiap saat atau kapan saja harus dapat memberikan pelayanan pada anak dan perempuan korban kekerasan itu.

“Karenanya setiap karyawan baik medis maun non medis harus juga memahami itu, agar nantinya dapat memberikan pelayanan tersebut,” tutur Aqilatul.

Sementara itu, Kanit PPA Satreskrim Polres Brebes Ipda Puji Haryati menyampaikan RSUD Bumiayu dapat berperan pula dalam upaya penegakan hukum kasus-kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan. Bantuan bisa dilakukan dengan melakukan visum terhadap korban sesuai permintaan Polisi dan juga memberikan hasil rekam medis jika dibutuhkan oleh Polisi.

“Kita juga sangat terbantu, ketika melakukan pengusutan kasus, ada yang bersedia menjadi saksi ahli,” ujarnya.

Selain itu, semua pihak juga dapat ikut serta membantu melakukan pencegahan terjadinya kasus kekerasan pada anak dan perempuan. Mengingat saat ini kasus tersebut cenderung meningkat, sehingga perlu mendapat perhatian khusus dari semua pihak.

“Semua pihak harus ikut serta dalam upaya pencegahan, apalagi sekarang cenderung meningkat,” tandas Puji.

Sosialisasi PPT Tiara di RSUD Bumiayu diikuti para karyawan dan juga lainnya. Hadir pada kegiatan tersebut para Satgas PPA, Pendamping anak kabupaten jdan lainnya.(zaenal)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *