Sebanyak 18 Desa di Kecamatan Brebes mendapatkan lokalatih

Sebanyak 18 Desa di Kecamatan Brebes mendapatkan lokalatih

Brebes – Pemanfaatan SIPBM atau sistem informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat. Mereka mendapatkan fasilitasi dari Bapperlitbangda Kabupaten Brebes dari dana APBD tahun 2019.

Perwakilan Desa yang dihadirkan meliputi Kades, Sekdes, Bidan Desa, BPD, LPM, FKD, Kadus, FMPP Desa, Karangtaruna, PLD. Mereka diberikan pemahaman tentang siklus SIPBM, Amanat Dana Desa dari Dispermasdes Kabupaten untuk sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan pemberdayaan di desa. Bagaimana mereka paham agar dana ini dimanfaatkan dengan baik dan berkelanjutan.

Fasilitator yang dihadirkan adalah yang expect dan telah mengikuti pelatihan sipbm tingkat Kabupaten dan Nasional. Mereka bertugas memandu jalannya lokalatih sipbm. Rabu (24 april 2019).

Melalui pembangunan berbasis data sipbm nantinya prioritas mengarah ke data yang sudah di olah dan di verifikasi dan validasi, desa bisa menyusun roadmap selama 5 tahun untuk intervensi. Tidak sia-sia bila setiap desa menganggarkan dana desanya dengan basis SIPBM, sudah teruji dan terbukti di beberapa desa yang sudah di intervensi sebelumnya mampu mengatasi ATS hampir 80 persen, termasuk mampu menjadikan desa ODF/stop BABS dengan intervensi kepemilikan jamban.

Desa bisa mengukur kinerja desanya dengan data terukur dan hasilnya bisa dirasakan oleh semua warganya, menyediakan anggaran besaran Rp 30 juta hingga Rp 40 juta bisa memudahkan desa dalam mengintegrasikan dalam perencanaan pembangunan di desanya.

Akan menjadi mahal dalam membangun desa bila tanpa data, tapi akan menjadi murah bila memiliki data yang akurat dan sustainable. Wajar jika tahun 2020 Kabupaten Brebes pemkabnya berkomitmen semua desa sudah SIPBM dan menjadikan basis data dalam perencanaan didesa.

Ketersediaan fasilitator sipbm sudah tercukupi dan tinggal menjaga kualitas dan kuantitas yang ada. Semoga nantinya ada dampak yang secara signifikan dalam persoalan pemecahan IPM dan Kemiskinan di Kabupaten Brebes. (Ulum)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *