Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023 Tingkat Kab.Brebes

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023 Tingkat Kab.Brebes

img
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pemenuhan hak anak di Kabupaten Brebes, Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Brebes mengadakan Kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2023 dengan Tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”. Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Kab.Brebes yang dihadiri peserta sebanyak 100 peserta anak anak dan OPD terkait.

Drs. Akhmad Ma’mun, M.Si selaku Kepala DP3KB Kab.Brebes menyampaikan peringatan HAN kali ini sangat berbeda dengan Peringatan Hari Anak Nasional tahun-tahun sebelumnya Untuk itu, momentum peringatan Hari Anak Nasional adalah saat yang tepat untuk menggugah kepedulian dan partisipasi kita dalam menghormati dan menjamin hak-hak anak dan individunya tanpa diskriminasi. Memberikan yang terbaik, menjamin kelangsungan hidup dan menghargai pendapat anak-anak. Alkhamdulillah tahun 2023 Kab. Brebes mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) katagori Nindya untuk 5 tahun berturut-turut.

img

Urip Sihabudi,S.H, M.H, selaku Penjabat Bupati Brebes menyampaikan dalam sambutannya, Beliau mengucapkan selamat Hari Anak Nasional kepada seluruh anak di Kabupaten Brebes, saya berharap momen peringatan HAN ini dapat memotivasi semua pihak untuk menciptakan generasi anak yang Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat atau GENIUS. Momentum Hari Anak Nasional kali ini kiranya harus bisa menjadi kesempatan yang baik bagi kita semua sebagai orang tua agar bisa menggugah kembali perasaan untuk bisa berpartisipasi secara aktif dalam upaya memberikan kepedulian pada anak-anak dalam memberikan hak dan perlindungan.

img

Forum Anak Brebes menyampaikan 5 poin Suara Anak tahun 2023 yaitu :
1. Mendukung pemerintah Kabupaten Brebes, dalam mensukseskan Program Gerakan Kembali Bersekolah, dalam rangka meneruskan angka putus sekolah di Kabupaten Brebes.
2. Memohon kepada Pemerintah Kabupaten Brebes, Untuk lebih banyak menyediakan Ruang publik masyarakat yang ramah anak.
3. Mendukung, serta membantu pemerintah Kabupaten Brebes, untuk mencegah adanya kasus bulliying, demi mewujudkan Kabupaten Anti Bullying.
4. Berharap, Pemerintah Kabupaten Brebes Lebih intensif, dalam mensosialisasikan atau mengedukasi program pencegahan pernikahan usia anak, beserta akibat pernikahan dini.
5. Mendukung, serta membantu Pemerintah Kabupaten Brebes, untuk mensosialisasikan mengenai pergaulan bebas, di kalangan anak anak dan remaja.
Hari Anak Nasional memiliki tujuan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan seperti kekerasan, perkawinan anak, anak berhadapan dengan hukum, dan lainnya guna mewujudkan generasi yang tangguh dan berkualitas.

Pada kegiatan ini juga diberikan kesempatan kepada anak-anak di kabupaten Brenes untuk tampil seperti Tari Assalamu’alaikum dari TK Siwi Peni Brebes, Tari Wonderland Indonesia dari TK Handayani Brebes, Tari Kipas dari TK Bhayangkari Brebes, Tari Rampak dari TK Pembina Brebes, Tari Kebyok Anting-anting dari TK Negeri Setda Brebes.
Tidak ketinggalan juga penampilan dari teman-teman Forum Anak Desa Randusanga Kulon dan Forum Anak Desa Pepedan dengan penampilan Tari Rampak, Tari Tanduk Majeng serta drama musikal.

img

Narsumber kegiatan ini :
1. Tedi Kartino, S.P bersama Nella Kristina, S. Sos (Dari Kampung Dongeng Tegal)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *