PERAN SATGAS PPA DI KABUPATEN BREBES

PERAN SATGAS PPA DI KABUPATEN BREBES

img
Brebes – (dp3kb.brebeskab.go.id) DP3KB Kabupaten Brebes melalui Bidang Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kembali mengadakan Kegiatan Fasilitasi Penguatan SATGAS PPA di Ikuti 50 Peserta dari Unsur KNPI Brebes , Koordinator P3KB Brebes dan SATGAS PPA Brebes, Kegiatan ini dilaksanakan di Pedopo Bumiayu Kemarin (27/1/2022).
Kabid PPA Eni Listiana. S.IP menyampaikan Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan serta memperkuat peran Satgas PPA dalam pencegahan dan penanganan perempuan dan anak korban kekerasan, trafficking dan eksploitasi di Kabupaten Brebes.
di kesempatan ini saya ingin berbagi cerita keluh kesah penanganan korban kekerasan pada perempuan dan anak ujar Ketua SATGAS PPA Kuntoro Tayub.
Tempat yang sama juga Ketua Pusat Pelayanan Terpadu “TIARA” Dra. Aqilatul Munawaroh,menyampaikan tidak bosan bosanya saya selalu mengatakan bahwa banyak hal yang bisa dilakukan oleh Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak dalam melakukan Penjangkauan terhadap korban kekerasan melakukanya dengan hati kalau sudah dengan hati pasti mendampingi korban itu akan di mudahkan segala urusanya.

img
“Data jumlah kekerasan yang melaporkan ke DP3KB Kabupaten Brebes dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pada tahun 2021 jumlah laporan yang masuk sebanyak 86, yang korbannya terdiri dari laki-laki 9 dan perempuan 77 orang, itu yang sudah melapor saya yakin masih banyak orang yang masih takut untuk melapor, ini tugas SATGAS PPA Kabupaten Brebes untuk hadir di tengah masyarakat yang masih takut untuk melapor” ungkapnya.
Ketua SATGAS Kuntoro Tayubi mengingatkan kembali tugas pokok dan fungsi SATGAS PPA melakukan penjangkauan terhadap perempuan dan anak yang mengalami permasalahan. Selain itu melakukan identifikasi kondisi dan layanan yang di butuhkan, melindungi perempuan dan anak di lokasi kejadian dari hal yang dapat membahayakan dirinya.
“Jika kondisi mengharuskan menempatkan dan mengungsikan perempuan dan anak yang mengalami permasalahan ke lembaga perlindungan. Selanjutnya satgas memberi rekomendasi untuk penanganan lebih lanjut pada unit layanan atau Dinas (DP3KB),” ungkapnya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *