Peningkatan Kapasitas Fasilitator Kampung KB Kabupaten Brebes

Peningkatan Kapasitas Fasilitator Kampung KB Kabupaten Brebes

Serunya Pembekalan untuk Fasilitator Kampung KB se Kabupaten Brebes

BREBES-Sejumlah Fasilitator di  Kampung KB yang tersebar di Kabupaten Brebes mendapatkan pembekalan selama dua hari  mulai tanggal 19 – 20 maret 2018 bertempat di Grand Dian Hotel Brebes. Tujuan dari pembekalan ini diharapkan fasilitator yang bertanggung jawab membina Kampung KB mendapatkan ilmu secara teori maupun terapan  sehingga fasilitator dapat menggerakkan masyarakat di  Kampung KB yang menjadi binaannya.

Kegiatan ini dikuti  60 orang peserta. Saat sesi pembukaan diselipkan arahan dan pembinaan secara tertulis oleh Drs. Khambali, M.H. selaku Kepala DP3KB  Brebes yang disampaikan oleh Kabid Pengendalian Penduduk dan Penyuluhan Penggerakan Dra. Farikha. Dalam arahannya beliau mengingatkan bahwa tugas fasilitator sangat berat dalam menghadapi dinamika perubahan budaya masyarakat yang semakin cepat.  Fasilitator memegang peran penting menghadapi dinamika perubahan tersebut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kampung KB binaannya. Salah satu kunci utama menuju masyarakat sejahtera adalah keberhasilan KB, dengan kata lain masyarakat akan  sejahtera apabila mengikuti program KB.

Senada dengan arahan tertulis Kepala DP3KB Brebes, Kabid Dalduk PP menambahkan ia berharap agar peserta dalam pelatihan ini dapat mengambil manfaat dari pelatihan sehingga dapat menjadi bekal bagi fasilitator untuk menerapkan ilmunya mengawal Kampung KB menjadi Kampung KB yang ideal sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu  meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sesi pelatihan diawali penyampaian materi oleh narasumber dari Ketua Koalisi Kependudukan Kabupaten Brebes Bahrul Ulum. Dalam kalimat pembukanya ia mengungkapkan kepada fasilitator bahwa ledakan penduduk harus disikapi dengan baik. Sebab, semakin banyak penduduk tapi kualitas penduduknya tidak berkualitas akan menjadi beban ganda bagi daerah.”Kampung KB menjadi salah satu jurus jitu untuk pengendalian penduduk. Jika ada sinergitas antarsemua komponen, maka lewat ketahanan keluarga dan pengendalian penduduk, kualitas penduduk bisa terjamin” tuturnya. Dalam pelatihan tersebut dihadirkan Abdul Jabar, trainer fasilitator untuk Kampung KB dari Pemprov Jateng”, demikian terangnya.

Narasumber  berikutnya,  Abdul Jabar dari Lembaga John Hopkins  memberikan materi teknis tentang langkah-langkah pembentukan Kampung KB agar dapat berhasil dan mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam paparannya  disampaikan agar program Kampung KB berhasil,  masyarakat harus dijadikan sebagai subyek pembangunan. Selanjutnya, para tokoh masyarakat diberikan edukasi dan bekal pengetahuan untuk menggerakkan masyarakat. “Kami menganggap masyarakat itu tidak bisa apa-apa. Lewat tokoh masyarakat diberikan pengetahuan yang baik dan benar, bagaimana cara memfasilitasi yang tepat, serta ada kemauan yang kuat dari tokoh kunci ini untuk berkiprah, maka lambat laun program ini akan bisa berhasil,” .

Abdul Jabar memisalkan kepedulian masyarakat di Dukuh Temukerep Desa Larangan. Setelah warga di sana difasilitasi untuk peduli dengan lingkungannya yaitu dengan membuat taman warga yang berlokasi disepanjang jalan utama Dukuh Temukerep. Adanya “Gerakan Rp. 500” ini diinisiasi oleh warga masyarakat Kampung KB sebagai wujud kepedulian warga dibidang sosial masyarakat. Penggunaan dana tersebut seperti dana sosial kematian, Bantuan penerangan jalan, dan beberapa Kegiatan Kampung KB. Para fasilitator itu nantinya ada program tindak lanjut.

Diharapkan setelah training ini bisa mengamalkan ilmunya di masyarakat, terutama dalam upaya pengendalian penduduk dan memajukan kampungnya,’’ imbuhnya.

(Fz)

About The Author

Related posts

5 Comments

  1. Abdul

    Semoga para Fasilitator yg telah di latih tsb berkomitmen untuk trs memajukan kampungnya melalui Kampung KB

    Reply
  2. Intan Tanyo

    Maju terus DP3KB dengan program-programnya, keluarga kecil berkualitas, Indonesia bahagia sejahtera Amiinn
    Fz buat berita inspiratif lainnya ya, jurnalis baru ya😝😘

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *