Penguatan Promosi dan Konseling Kesehatan dan Hak-hak Reproduksi

Penguatan Promosi dan Konseling Kesehatan dan Hak-hak Reproduksi

Brebes, 10 September 2019

Dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2019, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah bersama DP3KB Kabupaten Brebes mengadakan kegiatan Promosi Dan Konseling kesehatan dan Hak-hak Reproduksi di Kabupaten Brebes.

Bupati Brebes, Idza Priyanti membuka secara resmi kegiatan tersebut sekaligus penyerahan secara simbolis sepeda motor PKB Kabupaten Brebes sejumlah 32 unit. Dalam sambutannya Idza berpesan Hari Kontrasepsi Sedunia yang diperingati setiap 26 September di seluruh dunia tidak boleh hanya sekedar perayaan seremonial saja. Hari Kontrasepsi Sedunia harus dijadikan sebagai momentum untuk terus menggalakkan kembali Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK);

Pemerintah perlu memperhatikan 4 komponen prioritas ruang lingkup kesehatan reproduksi yaitu : Kesehatan ibu dan bayi baru lahir, Keluarga Berencana, Kesehatan Reproduksi Remaja, Pencegahan dan penanganan penyakit menular seksual, termasuk HIV/AIDS;

Penguatan Promosi dan Konseling Kesehatan dan Hak-Hak Reproduksi bertujuan meningkatkan wawasan mitra kerja, pengelola kampung KB, kader, PPKBD, Kader poktan dan masyarakat terkait pelayanan KB dan kesehatan reproduksi. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini terdiri dari Muspika, DP3KB Kabupaten Brebes, PKB, Kader tribina, PIK R, Pengelola kampung KB dan PPKBD dari kabupaten brebes.

Sri Dewi Indrajati sebagai salah satu pemateri menyampaikan pentingnya peran keluarga dalam pencegahan tindak kekerasan pada perempuan dan anak, dimana fenomena ini sangat kecil dibandingkan kejadian yang sebenarnya. Kekerasan pada perempuan dan anak tidak hanya terjadi di kota besar melainkan juga sudah terjadi di wilayah pedesaan.

Peran keluarga disini menjadi sangat penting mengingat keluarga adalah bentuk paling kecil dari masyarakat.12 hak reproduksi dipaparkan oleh dr. Epsilon Dewanto yang juga menyampaikan mengenai kesehatan reproduksi. Kegiatan ini ditutup dengan materi tentang mitos dan fakta metode kontrasepsi yang disampaikan oleh dr. Harrir.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *