Pembinaan Kader Posyandu dan Penyerahan Bantuan Sosial Anak Yatim

Pembinaan Kader Posyandu dan Penyerahan Bantuan Sosial Anak Yatim

Kader kesehatan adalah orang yang dipilih masyarakat dan dilatih untuk menangani masalah2 kesehatan perseorangan maupun masyarakat. Kader kesehatan merupakan tenaga masyarakat yang di anggap paling dekat dengan masyarakat. Tugas kegiatan kader harus ditentukan, mengingat bahwa pada umumnya kader bukanlah tenaga profesional melainkan hanya membantu dalam pelayanan kesehatan maka oleh karena itu perlu adanya pembatasan tugas yang diemban, baik jumlah maupun jenis layanan. Adapun kegiatan pokok yang perlu diketahui oleh kader dan semua pihak dalam melaksanakan kegiatan2 di posyandu yang dilakukan kader antara lain:

1. Melaksanakan pendaftaran.

2. Melaksanakan penimbangan dan pengukuran tinggi/panjang badan bayi dan balita

3. Melaksanakan pencatatan hasil penimbangan 4. Memberikan penyuluhan kesehatan

5. Memberi dan membantu pelayanan.

Setelah kader posyandu terbentuk maka perlu dilakukan strategi seperti pembinaan dan refresing agar mereka dapat selalu eksis membantu masyarakat dibidang kesehatan. Para kader kesehatan yang berkerja dipedesaan membutuhkan pembinaan atau pelatihan dalam rangka menghadapi tugas2 mereka dan masalah yang dihadapi mereka.

img

Senin, 11 April 2022. Sekretaris DP3KB Ibu Dra. Rini Pujiastuti dan pejabat OPD lain mendampingi Ibu Bupati Hj. Idza Priyanti., S.E., M.H. Kegiatan Pembinaan Kader Posyandu di Kecamatan Paguyangan, Bantarkawung, dan Bumiayu yang sekaligus melanjutkan Kegiatan Penyerahan Bantuan Sosial Anak Yatim. Bupati meminta agar kader2 posyandu mengawal ibu hamil memberikan informasi edukasi kesehatan untuk mengurangi resiko kematian anak, ibu hamil dan mencegah stunting.

img

Semoga kegiatan pembinaan kader ini dapat menambah dan menyegarkan kembali pengetahuan kader akan tugas2 yang harus mereka lakukan di posyandu. Salam Sehat

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.