Pemberdayan Masyarakat di Gaungkan dalam Musdes Desa Parereja

Pemberdayan Masyarakat di Gaungkan dalam Musdes Desa Parereja

DP3KB Brebes _ Pembangunan bukan hanya di fisik saja seperti pembangunan infrastruktur baik jalan maupun bangunan, saluran irigasi dan lainnya, tapi pembangunan sumber daya manusia juga sangat penting. Sesuai himbauan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes bahwa alokasi untuk pemberdayaan khusus dunia pendidikan dan kesehatan. Dengan minimal 4% dari Dana Desa (DD) untuk pendidikan dan minimal 4 % dari DD dibidang kesehatan.

Begitu yang disampaikan Hj. Sri Handayani selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Banjarharjo, pada saat pembukaan ¬†acara Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun 2018 Desa Parereja Kecamatan Banjarharjo, yang dihadiri dari semua unsur baik pemerintah desa maupun masyarakat, Jum’at (29/9).

Musdes Penyusunan RKPDes ini adalah hasil dari Musdus yang sudah dilaksanakan awal Agustus tahun ini. Selaku Kepala Desa Parereja, Wakim menyampaikan bahwa Musdes ini menentukan skala prioritas daripada hasil Musdus dan Musdes tahun ini beda dengan tahun sebelumnya.

” Hasil dari Musdus ditiap dusun kita gabungkan dan ditentukan skala prioritasnya berdasarkan bidangnya. Dan diharapkan peserta yang hadir bisa menyampaikan hasil Musdes ini kepada masyarakat lainnya, biar tidak ada omongan miring dibelakang nantinya, Musdes sekarang difasilitasi oleh Badan Permusyawatan Desa (BPD),” sampainya.

Hasil Musdes dibagi menjadi empat bidang yaitu Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat. Dan semua bidang sudah didapatkan prioritas masing-masing.

Salah satu peserta Musdes, Herwanto yang merupakan perwakilan dari Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) berharap Musdes kali ini lebih menitikberatkan pada pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

” Apalah arti sebuah bangunan yang megah kalau penghuninya kurang cakap. Jadi pembangunan manusianya harus diperhatikan. Karena kedepannya kita harus mencetak generasi yang mampu menghadapi persaingan baik lokal maupun global dan FMPP Desa Parereja dalam beberapa bulan ini sudah mengembalikan 11 anak ke SMP/MTS, masih ada 15 anak lagi yang mau bersekolah tapi belum bisa direalisasi karena terkendala beberapa hal. Yang kesemuanya membutuhkan biaya untuk berkelanjutan, mudah-mudahan Tahun 2018 lewat anggaran desa bisa memprioritaskan alokasi anggaran untuk anak tersebut,” harapnya.

Tercatat hasil Musdes dibidang Pemberdayaan Masyarakat adalah kegiatan FMPP, kegiatan KPMD, kegiatan penguatan kapasitas sumberdaya masyarakat, kegiatan Forum Anak, kegiatan dibidang kesehatan masyarakat, penyertaan modal Bumdes, kegiatan rintisan pasar desa, peningkatan kapasitas kader PKK dan lainnya. (her)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *