Pembentukan Forum Anak Desa Cilibur Periode 2017-2019

Pembentukan Forum Anak Desa Cilibur Periode 2017-2019

DP3KB Brebes, Kamis 31 Agustus 2017, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes melaksanakan kegiatan pembentukan Forum Anak Desa Cilibur Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes`.

Kegiatan yang  dilaksanakan diaula Balai Desa Cilibur  berlangsung dari jam 09.00 sampai dengan jam 16.00 WIB dan diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari 27 calon pengurus dan 3 orang pendamping forum Anak Desa Clibur.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Tohirin selaku Kepala Desa Cilibur dan menghadirkan M Fatkhur Rozak M.pd  (motivator dan pendamping anak ), Eni LIstiana, S.IP (Kasi Perlindungandan Pemenuhan Hak Anak DP3KB Brebes)  dan ka Taufik Hidayatulloh ( Ketua Satuan  Tugas Perlindungan Anak dan Perempuan ) sebagai nara sumber.

Dalam Sambutannya, Tohirin menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pembentukan forum anak di desanya.dengan adanya foruma anak di Desa Cilibur pihaknya berharap agar anak-anak yang ada di Desa Cilibur dapat secara aktif mengikuti setiap kegiatan yang ada.

Kasi Perlindungandan Pemenuhan Hak Anak DP3KB Brebes, Eni Listiana selaku nara sumber memaparkan bahwa tujuan didirikannya forum anak diantaranya adalah untuk memastikan bahwa setiap anak-anak khususnya yang ada di Desa Cilibur dapat terpenuhi hak-haknya seperti hak hidup, tumbuh kembang, dan partisipasi.

Selain itu pihaknya berharap agar pengurus yang terpilih mampu menjalankan kegiatan forum anak dengan baik, sehingga forum anak yang sudah terbentuk bisa benar-benar menjadi wadah bagi anak-anak di Desa Cilibur untuk menyampaikan aspirasinya.

“Tentunya pembentukan forum anak Desa Cilibur ini bisa terlaksana atas kerjasama dan komunikasi yang baik dengan pemerintah Desa Cilibur, ntentu kedepan forum anak ini harus ditindak lanjuti dengan kegiatan yang nyata “saya  berharap pengurus forum anak Desa Cilibur periode 2017-2019 mampu menjalankan organisasi dengan baik, dan bisa mengajak semua anak-anak yang ada di Desa Cilibur  agar dapat bergabung dalam forum anak ini”, ungkapnya

Selain diisi dengan pememaparan oleh para nara sumber, kegiatan ini juga di isi dengan kegiatan ice breking dan analisis sosial yang dipandu oleh Ka Rozak selaku motivator anak. Ice breking di isi dengan berbagai game-game seru agar seluruh peserta tidak merasa jenuh dan tetap merasa gembira, sementara itu dalam materi analisis sosial peserta diajak untuk menganalisa Desa  agar seluruh peserta dapat lebih mengenali Desanya sendiri sehigga kedepan pengurus forum anak Desa Cilibur dapat melakukan kegiatan dengan baik (Rozak)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *