PELAYANAN MOW LAPARASCOPY

PELAYANAN MOW LAPARASCOPY

img

 

Metode operasi wanita  merupakan salah satu cara kontrasepsi diikuti dengan tindakan pembedahan pada saluran telur wanita.
Tanggal 21 September 2021 di adakan Pelayanan MOW (Metode Operasi Wanita) Yang dilakukan pertama kali di Rumah Sakit Bhakti Asih Kec. Wanasari Kabupaten Brebes.
Yang terlibat di dalam nya ada beberapa penyuluh KB / PPKBD yaitu penyuluh KB Ketanggungan, Penyuluh KB Losari , dan Penyuluh KB Wanasari. Pasien harus di swab terlebih dahulu di Puskesmas masing-masing Kecamatan/ Puskesmas terdekat, kemudian pemeriksaan keseluruhan ( darah, tensi, EKG) yang di lakukan di Rumah Sakit BhaktibAsih, setelah pemeriksaan keseluruhan Pre-MOW baru bisa melangsungkan tindakan. Fungsi dari PLKB sendiri utk menggerakan, mencari akseptor, dan mendampingi. Dimana kec. Ketanggungan mendampingi 1 akseptor, kec.Losari 3 akseptor, dan kec. Wanasari 2 akseptor. Gunanya untuk mencegah kehamilan dimana harus ada persetujuan dari pihak keluarga/suami.
Sterilisasi sendiri merupakan metode kontrasepsi permanen yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memang tidak ingin lagi memiliki (karena alasan kesehatan).

img
Biasanya terjadi karena Pasangan Usia Subur/ PUS. Pada kontrasepsi ini dgunakan hanya untuk pasangan suami istri yang telah memutuskan untuk tidak lagi memiliki anak. Oleh sebab itu jika ingin menggunakan kontrasepsi ini perlu diperhatikan bahwa kontrasepsi ini merupakan kontrasepsi yang permanen.
Meskipun saluran telur yang tadinya di potong atau diikat dapat disambung kembal,namun tingkat keberhasilan untuk hamil lagi sangat kecil.
Harapannya bahwa masyarakat mampu memberikan contoh bagi Pasangan Usia Subur/PUS lain untuk penggunaan alat kontrasepsi mantap dalam rangka mewujudkan keluarga kecil dan berkualitas.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.