Pelatihan Ketrampilan Usaha Bagi Kelompok Perempuan

Pelatihan Ketrampilan Usaha Bagi Kelompok Perempuan

Dinas Pemberdayaan Perempuam Perlindungan  Anak dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes menyelenggarakan kegiatan penyuluhan Keadilan dan Kesetaraan Gender (KKG) dan pelatihan ketrampilan untuk kelompok perempuan di Saditan Indah Kelurahan Brebes Kabupaten Brebes (29 Juli 2018) Kegiatan di buka oleh Dra. Rini Pujiastuti selaku kabid pemberdayaan perempuan perlindungan anak, kegiatan tersebut di lakukan selama 2 hari dari tanggal 28-29 juli 2018 di ikuti oleh 40 peserta dari kalangan ibu rumah tangga.

Perlindungan dan pemberdayaan perempuan terus digalakkan, karena sejatinya perempuan mempunyai hak yang sama. Kasi Pemberdayaan Perempuan DP3KB Nakhiroh, SKM mengatakan selama ini perempuan selalu melekat predikat sebagai obyek yang tugasnya dapur, sumur dan kasur.

“Paradigma bahwa perempuan selama ini dinilai sebagai second line harus dirubah, karena perempuan juga mempunyai kesetaraan hak dengan pria. Jadi perempuan di perdesaan juga harus tahu itu. Kita dari dinas selalu melakukan upaya agar sosialisasi tentang kesetaraan gender sampai ke akar rumput,” katanya.

Lebih lanjut Nakhiroh menjelaskan ternyata banyak yang tidak tahu mengenai kesetaraan gender dan gimana emansipasi perempuan bisa terus berkembang.

“Kesetaraan gender disini adalah adanya pembagian peran di dalam keluarga antara suami dan istri. Harapannya dengan memberikan pelatihan ketrampilan terhadap kelompok perempuan, kedepannya para perempuan bisa membantu perekonomian keluarga. Sehingga perempuan tidak ketergantungan dengan suaminya,” jelasnya.

Selaku nara sumber dalam kegiatan tersebut Naely Amrinah, SPd mengatakan kalau mau jadi perempuan yang punya daya saing maka harus terus berlatih dalam segala hal. Jadi belajarlah dengan serius agar setiap ilmu hari ini bisa terserap dengan baik.

“Belajar itu harus fokus dan tenang, apalagi dipelatihan kali ini adalah belajar merajut tas dan lainnya. Ini perlu keseriusan dan konsentrasi serta kesabaran agar hasilnya maksimal. Tidak usah terburu-buru dalam belajar, mending ikuti setiap langkahnya,” katanya. (Faizal)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *