ORIENTASI TIM PENDAMPING KELUARGA KEC. WANASARI 2024

ORIENTASI TIM PENDAMPING KELUARGA KEC. WANASARI 2024

img
Selasa (23/04/2024), Telah diselenggarakan kegiatan Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) hari kedua yang bertempat di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Wanasari. Kegiatan ini di hadiri oleh Ibu Imaniyati Komalasari, S.KM, Ibu Ety Estitasari, S.KM., Ibu Saminih, SE. Serta 63 Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari 3 desa yaitu Desa Pesantunan, Desa Kertabesuki dan Desa Sigentong.S ambutan diberikan oleh ibu Saminih, S.E selaku PKB Kecamatan Wanasari. Beliau mengingatkan kembali dalam pendampingan keluarga haruslah dilakukan secara maksimal.

 

Kemudian dilanjut materi yang disampaikan oleh Ibu Imaniyati Komalasari, S.KM. Sebelum menyampaikan materi beliau mempraktikkan kunjungan TPK dengan membagi 5 kelompok yaitu kelompok Catin, Bumil, Bufas, Baduta, Balita. Dari masing-masing kelompok membuat Yel-yel sesuai nama kelompoknya. Selain itu mempraktikkan cara Pendampingan dengan SIDAK STUNTING sesuai sasaran pendampingan. Setelah itu memaparkan tentang peran serta tugas TPK terkait pendampingan kepada catin, bumil, bufas, baduta, balita. Dimana ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama tentang imunisasi, KB, hindari 4T, Laporan Elsimil, Asi Ekslusif, Sanitasi, Ukur berat dan tinggi badan, nutrisi seimbang, terapkan PBHS, air minum layak, salurkan bansos dan fasilitasi rujukan yang dapat disingkat dengan kata kunci IKHLAS TUNTAS.

img

Pemateri kedua disampaikan oleh Ibu Ety Estitasari, S.KM., Beliau menjelaskan Faktor resiko keluarga stunting. Seperti penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari, harus dipastikan bersih dan layak. Dilanjutkan Sasaran Prioritas Verval KRS (Verifikasi & Validasi Keluarga Resiko Stunting) Tahun 2024, sekaligus mempraktikkan aplikasi SIGA Verval KRS. Setelah itu praktik elsimil dengan menjelaskan cara mengedit pendampingan dan mengatasi error/kesalahan ketika data tidak masuk.

 

Demikian jabaran dari kegiatan pada hari ini. Diharapkan para TPK dapat memahami serta mempraktekannya dengan baik, sehingga dapat mencapai sasaran capaian.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *