Komitmen Pemdes Cenang Tuntaskan ATS

Komitmen Pemdes Cenang Tuntaskan ATS

Brebes – Masalah pendidikan terutama banyaknya Anak Tidak Sekolah(ATS) menjadi perhatian khusus Pemerintah Desa Cenang,Songgom,Brebes. Dari tahun ke tahun upaya pengentasan masalah tersebutpun dilakukan. Salah satu upayanya yaitu membuka posko pengaduan dan pendaftaran bagi anak yang ingin kembali ke sekolah, baik jalur formal maupun informal.

Dihubungi melalui telepon, Sekretaris Desa Cenang Sugeng Mulyono menjelaskan posko tersebut dibuka untuk masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya kembali sekolah atau memberi informasi terkait ATS ,Jum’at(28/6).

“Kami Pemerintah Desa membuka posko pengaduan itu supaya masyarakat tidak kebingungan jika ingin menyekolahkan anaknya melalui Gerakan Kembali Bersekolah Cenang. Tak perlu ragu atau sungkan datang ke Balai Desa atau Sekretariat FMPP”,tegas Sugeng.

Lanjut Sugeng, Pemerintah Desapun siap menggelontorkan Dana Desa sebesar 59juta untuk kebutuhan pendidikan. Dana tersebut diperuntukkan pembelian baju seragam serta perlengkapan sekolah lengkap bagi mereka yang kembali ke sekolah.

Tidak hanya itu, keseriusan Desa Cenang mengentaskan permasalahan ATS bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa(BPD) adalah dengan membuat dan mengesahkan Perdes No 900/21 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tingkat Desa. Dalam pasal 8 disebutkan bahwa ATS yang ingin kembali bersekolah bisa mendapat bantuan dari Pemerintah Desa yang besarnya disesuaikan dengan kemampuan Desa.

Sementara Ketua Forum Masyarakat Perduli Pendidikan(FMPP) Cenang Moh.Pahruroji mengatakan target tahun 2019 mengembalikan 90 anak, yaitu 30 jalur formal(SD/SMP/MTS/SMA) dan 60 jalur informal.
“Melalui jalur informal sudah ada PKBM Maju Bersama yang siap melayani pendidikan masyarakat Cenang”,tutur Pahruroji.(JW), (B.U)

About The Author

Related posts

1 Comment

  1. Riski

    Keren ini merupakan kebijakan yang sangat bagus, moga dapat ditindaklanjuti untuk mengontrol sekolah sekolah yang kini memiliki biaya yang sangat tinghi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *