Kementrian PPA Sosialisasikan PISA di Brebes

Kementrian PPA Sosialisasikan PISA di Brebes

DP3KB_Brebes Anak adalah anugerah dan amanah Tuhan Yang Maha Esa, memiliki potensi bagi dirinya, juga bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa. Anak merupakan generasi penerus dan pilar bangsa, di mana dalam dirinya melekat harkat dan martabat, serta hak-haknya sebagai bagian dari hak asasi manusia yang tidak dapat dicabut oleh siapapun.

Begitu disampaikan Asisten deputi Hak Sipil, Informasi dan Partisipasi Anak juga Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Drs. Dermawan, M.Si saat acara Sosialisasi Pusat Informasi Suara Anak Indonesia (PISA) di Grand Dian Hotel Brebes, Senin, 30/10/2017.

Kemajuan teknologi menuntut orang dewasa untuk lebih mengawasi kegiatan anak dengan banyaknya anak yang menggunakan Hand phone (HP) karena pengaruh HP buat anak sangatlah banyak. Dermawan mengatakan kemajuan tehnologi harus dimanfaatkan untuk hal yang positif.

“Internet kalau digunakan dengan baik akan menghasilkan pusat pengetahuan tapi kalau kita tidak bijak menggunakan akan menimbulkan bahaya tersembunyi didalamnya seperti berita bohong, banyaknya pornografi yang bisa dengan mudah diakses anak-anak. Maka perlu pengawasan khusus terhaap anak,” katanya.

Lebih lanjut Dermawan menegaskan perlu adanya tempat terpusat untuk anak. Konsep utama dari PISA adalah Pusat informasi dengan fokus pada penyediaan informasi terintegrasi yang dibutuhkan oleh anak-anak, dengan pendekatan pelayanan yang ramah anak.

“Tersedianya pusat informasi yang terintegrasi baik kebutuhan nyata dan kebutuhan dunia maya yang dibutuhkan anak-anak, yang tempatnya terpusat menjadi satu yaitu PISA, jadi anak datang yang mau baca buku atau literasi ada dan kalau yang butuh informasi di internet ditempat itu juga tersedia dengan pengaman yang baik,” pungkasnya.

Sebagai informasi nantinya Kabupaten Brebes menjadi yang kesembilan adanya PISA di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. (her)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *