Kemenkes dan Dinkes Brebes Sosialisasikan GERMAS

Kemenkes dan Dinkes Brebes Sosialisasikan GERMAS

BREBES – Kementerian Kesehatan RI bersama Dinas Kesehatan Brebes menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat hidup sehat di Aula Gedung PGRI Kabupaten Brebes, Senin (14/10).

Kegiatan diikuti oleh beberapa instansi Dinas kesehatan, SKPD terkait, media dan masyarakat umum.Panitia kegiatan dr. Rudi Utami mengatakan, perlunya advokasiĀ GERMAS dengan dibentuknya kebijakan, tersebarnya informasi melalui mdia lokal dan press conference.

” Hal ini untuk sosialisasi lebih maksimal kepada masyarakat.
Harapannya dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Brebes agar berpola hidup sehat,” imbuhnya.Dalam sambutannya, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SH, MH menyampaikan terkait pencegahan penyakit menular dan tidak menular berasal dari diri sendiri. Pemerintah melalui kemenkes brkomitmen untuk gerakan masyarakat pola hidup sehat (GERMAS).” Telah ada instruksi dari Presiden RI nomor 1 tahun 2017 tentang GERMAS mengajak kepada masyakarakat pola hidup Sehat,” katanya.Kegiatan dilanjutkan dengan makan buah bersama sebagai implementasi pola hidup GERMAS.Salah satu narasumber dr. Rudi Utami selaku Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes memaparkan pola hidup Germas yakni aktifitas olahraga, makan buah, cek kesehatan rutin, diberikan ASI eksklusif pada ibu, enyahkan asap rokok, stop Buang air besar Sembarangan (BABS).” Untuk spesifikasi jamban yg sehat yaitu yang ada septitank nya, jangan yang saluran muaranya ke selokan.
Kemudian terkait rokok, ada kawasan yang tidak boleh ada promosi rokok di perkantoran, fasilitas pelayanan kesehatan dan institusi pendidikan,” pungkasnya. (Lukman)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *