Kegiatan Kelas Orang Tua Al-Hikmah 2

Kegiatan Kelas Orang Tua Al-Hikmah 2

img
Setiap anak lahir dalam keadaan fitri, semacam kertas putih. Pun telah membawa potensi dan karakter positif. Ia secara hakiki memiliki 4 hak dasar, antara lain : Hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. Untuk mewujudkan generasi yang berkualitas sejak usia dini sebagai bentuk tanggung jawab sekolah, pada hari Selasa, 27 September 2022 TK Al Hikmah 2 Benda Kec. Sirampog bertempat di Kelas B2 mengadakan kegiatan Kelas Orang tua dengan tema : Menguatkan karakter positif anak dengan pengasuhan positif sebagai bentuk perlindungan dan pemenuhan hak anak. kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah TK Zumrotushsholihah , S. Pdi, S.Pd AUD beserta Dewan Guru, Komite sekolah dan wali murid TK Al Hikmah 2 Benda. Untuk mengurai tema tersebut, TK Al Hikmah 2 Benda menghadirkan Budi Suprojo, S. Fil dari Satkoryan P3KB Kec. Sirampog sebagai narasumber.

Dalam paparannya, narasumber menyebutkan bahwa setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh menjadi generasi yang sehat dan cerdas, serta memiliki karakter yang baik. oleh karenanya, pola asuh serta cara mendidik orang tua berperan besar dalam pembentukan karakter anak. Bila orang tua menyampaikan teladan yang baik serta menanamkan nilai-nilai positif, maka nantinya anak akan mempunyai karakter yg baik juga. Untuk mewujudkan karakter positif anak, salah satunya adalah dengan menerapkan pola pengasuhan positif.

Pola Pengasuhan Positif adalah Pola pengasuhan yang dilakukan dengan penuh kasih sayang kepada anak dan mengedepankan kepentingan anak agar tercipta hubungan yang hangat antara anak dengan orang tua. Pola pengasuhan positif mempunyai manfaat besar untuk anak, antara lain meningkatkan kualitas interaksi anak dengan orang tua, mengoptimalkan tumbuh kembang anak, mencegah anak dari perilaku menyimpang dan juga mampu mendeteksi kelainan pada tumbuh kembang anak. Penerapan pola pengasuhan positif dapat dilakukan sejak dini agar karakter positif anak dapat semakin menguat sedari usia dini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberikan contoh model kepada anak buat berperilaku baik. misalnya saat bertemu orang lain, ajarkan anak buat menyapa, tersenyum, serta berjabat tangan. Biasakan juga anak buat mengucapkan “terima kasih” ketika diberi sesuatu, “tolong” waktu ingin meminta bantuan, serta “maaf” buat mengakui kesalahannya.

img

 

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.