JW “Road To School” di SMK Kerabat Kita Bumiayu

JW “Road To School” di SMK Kerabat Kita Bumiayu

Untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam penulisan berita kegiatan organisasi sekolah, SMK Kerabat Kita Bumiayu menyelenggarakan mini workshop Jurnalis Warga kepada anggota OSIS, PMR dan Pramuka. Bertempat di Aula SMK, sebanyak 80 siswa dari unsur OSIS, PMR dan Pramuka dilatih menulis berita, senin (28/8/2017).

Koordinator penyelenggara Alan Ferdiyanto, S.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan sekolah terkait dengan Jurnalisme Warga, dan terselenggara bekerjasama dengan Jurnalis Warga Kemanusiaan. “ Harapannya akan menumbuhkan jiwa kreatifitas dan minat anak untuk menulis berita, khususnya kegiatan yang telah dilaksanakan organisasi masing – masing. “ katanya.

Masih menurut Alan, sebelumnya kita memang telah intens untuk belajar menuliskan kegiatan kami disekolah, baik PMR, Pramuka maupun OSIS dan dikirimkan JW CBM News di portal berita www.cbmnews.net melalui mas Azam, ternyata menarik dan mengasikkan karena beberapa berita selain muncul di internet ada juga yang di muat di media cetak.

“ kegiatan ini berawal dari kebingungan kami yang selalu mengirimkan berita tentang kegiatan sekolah yang ternyata monoton, dan tidak semuanya bisa dimuat portal berita online maupun cetak, atas arahan mas Azam diarahkan untuk belajar menulis bagi siswa dan nantinya tulisan terkait kegiatan sekolah akan diwadahi di portal berita www.ayodonor.top dan www.pmrnews.top. ” terangnya.

Salah satu peserta Mia Rapita ( Kelas XI AK 3 ) mengatakan, kegiatannya mengasikkan, kita jadi tahu bahwa setiap orang itu juga pewarta, dan bisa berperan sebagai pembuat berita, bahkan tidak sadar sering buat berita di status sosial media. “ waktunya cuma sebentar jadi terlalu cepat dan kita masih agak bingung dan kadang mau mulai nulisnya merasa susah, tapi kata pemetari akan ada group bimbingan online dengan mengupas lebih dalam tentang materi ini “ katanya.

Kepala Sekolah SMK Drs. H. Suhirman mengatakan, prinsipnya kami sangat mendukung kegiatan apapun selama bermanfaat bagi siswa dan sekolah, ini hal positif bila siswa bisa mengerti keilmuannya dan punya pemahaman, ketrampilan menulis, sehingga kegiatan sekolah bisa terpublikasi dengan tulisan yang baik, ” ya biar nggak asal nulis yang nantinya bertentangan dengan UU ITE ” katanya saat ditemui diruang kerjanya.

Narasumber Aziz Aminudin ( Azam ) JW CBMNews menceritakan, antusias siswa sangat besar, sebelumnya saya kira hanya 20 an peserta, ternyata OSIS, PMR dan Pramuka semuanya ikut dengan jumlah peserta mungkin lebih dari 80 anak. “ Kami hanya mengenalkan dasar – dasar jurnalistik, sekilas Jurnalisme Warga dan Tehnik Menulis Berita. ” ceritanya.

Lanjur Aziz, karena ini tahap belajar kami mewadahi nantinya hasil karya peserta di portal berita sesuai kegiatan ekstrakurikuler / organisasi yang di ikuti, saat ini baru ada yang PMR di www.pmrnews.top dan Komunitas Donor Darah Brebes di www.ayodonor.top. Yang semuanya merupakan binaan dari Jurnalis Warga CBM News.net, yang pada kesempatan ini pemateri saya dan Mas Lukmanul Hakil ( LH ) IT JW CBMNews.net.

“ Kedepan kita akan buatkan portal berita online sesuai dengan organisasi untuk menampung kreatifitas peserta dalam latihan menulis baik dari Pramuka, OSIS maupun yang lainnya sebagai wadah, ” tegasnya.(lukman)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *