17 Kepala UPTD siap Dukung GKB

17 Kepala UPTD siap Dukung GKB

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Brebes siap komitmen mengembalikan anak putus sekolah kembali bersekolah sesuai komitmen bersama yakni tahun ini berupaya mengembalikan 1000 anak kembali bersekolah.

Salah satu bentuk komitmen awal yakni mengundang Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan di Aula Dinas untuk membangun strategi pengembalian anak yang tidak sekolah agar bersekolah, sekaligus menyusun produk regulasi melalui penyusunan Raperbup Desa Tuntas Wajar Dikdas 9 Tahun. Rabu (16/8/2017).

Paparan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) yang disampaikan Dr. Angkatno,M.Pd, bahwa banyak masalah dalam pembangunan di Kabupaten Brebes yakni angka kemiskinan tinggi ( tahun 2016 : 19.47 persen), banyaknya pengangguran ( tahun 2015 : 6,49 persen), rendahnya tingkat pendidikan terutama rata lama sekolah 6,17 hanya lulus SD, TPPT : 48,69 persen berpendidikan Sekolah Dasar (SD), rendahnya derajat kesehatan terutama angka kematian ibu, angka kematian bayi dan angka kematian balita tinggi.

Permasalahan yang ada diatas, butuh komitmen bersama, salah satunya peran kepala UPTD beserta komponen penyelenggaran pendidikan untuk mensukseskan gerakan mengembalikan anak putus sekolah kembali bersekolah, salah satunya dengan memastikan di wilayahnya per desa ada 10 anak yang dikembalikan ke sekolah pada tahun ini.

” Kalau ada 10 anak yang dikembalikan saja, maka bisa ada kontribusi 297 desa/kelurahan di Brebes maka ada 2.970 anak bisa kembali bersekolah, prioritaskan pada usia 7-12 tahun, kepala UPTD diharapkan mendata riil untuk siswa/siswi yang tidak lanjut berapa dari SD ke SMP, termasuk anak yang Drop out (putus sekolah), ” terangnya.

Lanjut Angkatno, setelah data terkumpul nanti pihak Dandim dan Kapolres akan mengundang Kepala UPTD, Danramil dan Kapolsek akan bersinergi bersama dalam5 memastikan anaknya termasuk mengunjungi orangtua anak, dimana anak tersebut drop out atau tidak lanjut atau tidak sekolah.

Sementara Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikpora Dedi Priyono menerangkan, data laporan yang masuk ke Disdikpora tahun 2016 untuk siswa yang melanjutkan dari SD ke SMP sebanyak 99,04 persen, sedangkan SMP ke SMA adalah 89 persen.

” Apresiasi kepada pihak Dispermasdes yang telah mendukung dana desa minimal 4 persen dari total DD yang diterima untuk bidang pendidikan di tahun 2018, dan dalam waktu dekat ini pihaknya meminta kepada kepala UPTD Pendidikan untuk memberikan data anak yang akan dikembalikan ke sekolah paling lambat 3 hari ke depan sudah masuk ke Bidang Pendidikan Dasar, dan timnya akan langsung merekap setelah data masuk untuk dilaporkan ke Bupati, ” ungkapnya.

Dedi menjelaskan salah satu kunci sukses dalam gerakan kembali bersekolah ini adalah keseriusan Komitmen Disdik itu sendiri, dan adanya keterlibatan dunia usaha, keterlibatan komponen organisasi penyelenggara pendidikan/masyarakat, serta keterlibatan institusi TNI/Polri. (Bahrul Ulum)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *