Germas Jurus Jitu Hidup Sehat

Germas Jurus Jitu Hidup Sehat

Brebes _ Kepala Dinas Kesehatan Dr. Sri Gunadi Parwoko, M.Kes menjelaskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah intruksi presiden, yakni pertama, berperilaku sehat dengan indikator harus makan sayur dan buah setiap hari, tidak boleh hanya nasi putih atau mie instan saja. Snack yang setiap acara dimanapun ada buahnya.

Ungkapnya di acara sosialisasi kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Aula Kecamatan Jatibarang, kamis (11/10/2018) yang dihadiri ratusan peserta dari berbagai perwakilan baik tenaga kesehatan, bidan, kader, tenaga pendidik, komunitas media sosial dan perangkat desa.

Lanjut Gunadi, Kenapa harus sayur dan buah, karena zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh kita,sehingga anak sekolah pun digerakan agar selalu mengkonsumsi kandungan gizi seimbang, jangan dibiasakan hanya konsumsi kandungan yang mengandung kimia. Ini untuk pertumbuhan psikis dan perkembangan motorik anak tersebut agar menjadi generasi prestasi.

Indikator kedua, yakni check kesehatan rutin, antara lain minimal tensi untuk melihat kondisi fisik minimal sebulan sekali, karena hipertensi bisa mengancam kondisi kesehatan, check kolesterol, gula darah dan jantung. Jika kondisi diagnosis berat atau kronis maka datang ke dokter yang ada di puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya.

Indikator ketiga, aktivitas kesehatan yang teratur yakni olahraga setiap hari, bisa naik sepeda atau jalan kaki agar berkeringat dan mengeluarkan kalori setiap hari. Bisa berenang di kolam renang, atau senam orjapa (olahraga jalan pagi), atau senang maumere. Sehingga lemak bisa dibakar akhirnya sehat.

Indikator keempat, jangan mengkonsumsi rokok atau dihisap, beli rokok boleh tapi dihisap yang tidak boleh. Walaupun cukai rokok banyak masuk ke pendapatan negara, namun beli rokok boleh asal tidak dihisap biar ruangan jadi kawasan tanpa rokok.

Indikator ke lima, tidak boleh buang air sembarangan (BAB) di sungai atau tempat lainnya, karena berperilaku pada kesehatan lingkungan. Perilaku mencuci pakaian, atau septi tank dialirkan ke kali lewat pralon itu sangat bahaya, karena kotoran yang dikeluarkan yakni bakteri koli berjuta-juta, bisa menyebabkan stunting dan bahaya penyakit lainnya termasuk juga penurunan derajat kesehatan bagi masyarakat.

Gunadi berharap, mari berperilakulah hidup sehat, sambil mencontohkan gerakan “salam germas” yakni sehat, bugar, produktif, cegah stunting itu penting, manene slamet bayine sehat. Pastikan 5 indikator ini tersosialisasikan di masyarakat, bantu lewat media sosialisasi apapun, dimanapun dan kapanpun, bila lingkungan sehat maka masyarakat sentosa.

Diakhir acara, dilakukan penandatanganan komitmen kampanye germas yang dilakukan oleh perwakilan peserta dan tokoh masyarakat dan tokoh agama. (Bahrul Ulum)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *