Forum Anak Plompong (FORAP ) soialisasikan Hak-Hak Anak di Sekolah.

Forum Anak Plompong (FORAP ) soialisasikan Hak-Hak Anak di Sekolah.

DP3KB_Kegiatan sosialisasi ini diadakan atas kerjasama pengurus forum anak Desa Plompong dan sekolah Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif NU 03 Desa Plompong kecamatan sirampog. (21/01)

Bertempat diaula sekolah tersebut, kegiatan ini diikuti oleh 93 peserta yang terdiri dari pengurus Forum Anak Desa Plompong dan perwakilan siswa dan siswi dari tingkat SLTP sampai dengan Tingkat SMA yang ada di Desa Plompong.

Ketua forum anak Desa Plompong Bunga Ria Nisa menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta tentang hak-haknya, “saya berharap dengan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini seluruh peserta  dapat mengerti hak-hak anak sehingga upaya untuk mengurangi kekerasan terhadap anak baik kekersan fisik, non fisik maupun kekerasan seksual dapat diminimalisiR”.

Lanjut kata Bunga, ada empat hak dasar yang harus anak-anak dapatkan yaitu, hak Hidup, Hak Tumbuh Kembang, Perlindungan dan partisipasi. “yang pertama adalah hak hidup, ini artinya bahwa seluruh masyrakat yang ada di Desa Plompong ini harus memastikan seluruh anak-anak bisa hidup dengan baik, yang kedua, hak tumbuh kembang, hak ini mengupayakan bahwa seluruh anak-anak bisa mempunyai tumbuh kembang dengan baik, tidak ada yang kekurangan gizi apalagi Busung lapar, yang ketiga adalah hak Perlindungan, bahwa seluruh anak-anak harus terlindungi dari segala bentuk kekerasan dan yang terahir adalah hak partisipasi, yaitu, bahwa seluruh anak-anak harus bisa dilibatkan untuk berpartisipasi dalam proses pmbangunan yang ada di desa khususnya di Desa plompong”.Ujarnya

Selain diberikan materi kepada peserta tentang hak-hak anak, pada kesempatan ini juga peserta mendapatkan materi motivasi yang disampaikan oleh ka baqi selaku pendamping forum anak Desa Plompong, ka baqi mengajak seluruh peserta untuk bisa menjadi pelopor dan pelapor bagi setiap tindak kekerasan yang terjadi pada anak-anak. ( Fatur)

 

About The Author

Related posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *