Forum Anak Harus dilibatkan dalam Musdes

Forum Anak Harus dilibatkan dalam Musdes

Brebes DP3KB _Proporsi anak 30 persen dari jumlah penduduk, sudah sewajajarnya jika anak dilibatkan dalam perencanaan musyawarah desa (musdes), pasalnya selama ini musdes terkesan hanya orang dewasa yang dihadirkan, namun ironisnya anak jarang sekali dilibatkan, anak masih dijadikan sebagai simbol dalam perencanaan pembangunan di desa.
Ungkap Kepala Bidang Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) DP3KB Kabupaten Brebes Rini Pujiastuti di Aula Balai Desa Kaligiri, Kecamatan Sirampog, pada acara fasilitasi forum anak desa dengan Kementrian Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak Republik Indonesia (PPPA). Sabtu (14/10).

Rini menambahkan, sekarang semua desa atau kelurahan di kecamatan sirampog sudah di bentuk forum anak dan gugus tugas.
” Kabupaten Brebes sudah merespon ke kecamatan sirampog dengan baik sehingga termasuk para relawan nya pun paling banyak dari desa atau kecamatan lainya, bahkan direncanakan di Brebes akan di bangun rumah layak anak,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Kementrian PPA RI, Drs Hermawan, M.Si mengatakan pelibatan anak dalam kegiatan yang di adakan di Kabupaten Brebes untuk terus menyuarakan pendapat dan usulannya. ” Pengurus forum anak di desa harus berani menyuarakan aspirasi saat musrembangdes atau musrembang Kabupaten,” katanya.
Menurutnya, anak sebagai penerus bangsa dan dalam hal berbicara tentang partisipasi sangatlah diperlukan anak dalam pembangunan desa.
” Potensi anak di desa harus digali mulai dari potensi diri, atau berani berinovasi dan itu tergantung dari para pendamping agar anak bisa punya kemampuan yang baik,” tambahnya.

Lanjut dia, setiap anak memiliki hak dan hak anak harus di penuhi agar bisa tercapai dengan sendirinya bahkan harus di kontrol oleh orang terdekat seperti orang tua.
” Lima cluster anak yang perlu di berikan yakni hak sipil, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus”, tambahnya.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Kepala Desa Kaligiri Rosidin (50), mengatakan, dirinya bertekad menjadikan desa kaligiri sebagai rintisan desa layak anak di Kabupaten Brebes.
” Hingga saat ini Desa Kaligiri Kecamatan Sirampog sudah menganggarkan dana dari APBDes 2018 sebesar 3% untuk Desa Layak Anak Kaligir dari Dana Desa, bahkan sejak 2 tahun terakhir Desa Kaligiri menyalurkan anggaran ke forum anak melalui APBDes sejak tahun 2016 dan di tahun 2017 ini,” katanya.

Selanjutnya, Ketua Forum Anak Desa Kaligiri, Dina Mutiara Arum (16), lewat kegiatan forum anak bisa menambah pengetahuan dan wawasan juga melatih mental bagi mereka.
” Selama ini porsi anak dalam keterlibatan pengambilan keputusan di desa masih di rasa kurang diberi ruang, namun saat ini forum anak bisa jadi bagian dalam hal tersebut,” tuturnya.
Hadir 50 peserta dari dari unsur yakni tokoh masyarakat, gugus tugas, forum anak, pendamping anak dan satgas perlindungan perempuan dan anak (ppa). (Dardirjo)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *