Fasilitasi dan Evaluasi ARG (Anggaran Responsif Gender)

Fasilitasi dan Evaluasi ARG (Anggaran Responsif Gender)

Dalam rangka membangun dan menguatkan komitmen para pengambilan kebijakan di Kab.Brebes sebagai upaya mengintegrasikan dan mengimplementasikan Pengarustamaan Gender (PUG) kedalam dokumen Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi Program, kegiatan pembangunan yang berkelanjutan di Kab.Brebes, maka Pemerintah Kab.Brebes melalui DP3KB Kab.Brebes menyelenggarakan Fasilitasi dan Evaluasi ARG (Anggaran Responsif Gender), yang dihadiri oleh Pejabat/Staf yang membidangi Perencanaan pada OPD se Kab.Brebes bertempat di Command Center (Lt5) KPT Brebes. Selasa, 5 September 2023.

img

Sambutan pertama oleh Fatkhiyaturrokhmah,SE,MM selaku Kabid PPPA DP3KB Kab.Brebes menyampaikan bahwa kegiatan ini mengingatkan kembali kepada Pejabat Perencana bahwa Pemerintah Daerah diwajibkan melaksanakan PPRG sesuai dengan UU No. 17 Tahun 20027 (Pedoman Pelaksanaan PUG) & bertujuan memberikan pedoman kepada peserta dalam menyusun perencanaan dan penganggaran yang responsif gender, dengan goal untuk pengisian/input instrumen pada Aplikasi Pengharagaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Kemudian dilanjut sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi oleh Drs. Akhmad Ma’mun,M.Si selaku Kepala DP3KB Kab.Brebes menyampaikan Pengintegrasian gender dalam program pembangunan bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan gender di berbagai bidang pembangunan di daerah, pemerintahan yang desentralistik, pembangunan daerah yang berkelanjutan serta pemberdayaan masyarakat yang partisipatif. Dalam perencanaan responsif gender diharapkan dapat menghasilkan Anggaran Responsif Gender (ARG) dimana kebijakan pengalokasian anggaran disusun untuk mengakomodir kebutuhan yang berbeda antara perempuan dan laki-laki.

img

Narasumber kegiatan ini :
Ibu Harnie Antiek Triana,S.T (Pejabat Fungsional Perencana Muda dari BAPERLITBANGDA) Kab. Brebes

#BersamaLindungiAnak
#BerencanaItuKeren
#BrebesHebat
#DP3KBBrebes

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *