DP3KB : Ketahanan Keluarga, Kunci Negara Kuat

DP3KB : Ketahanan Keluarga, Kunci Negara Kuat

Brebes – Keluarga adalah pilar-pilar pembangunan nasional. Apabila pilar-pilar itu keropos, maka bangunan suatu bangsa tidak akan mempunyai landasan yang kokoh. Keluarga merupakan bagian yang sangat penting dalam berkontribusi terhadap permasalahan masyarakat.

Disampaikan Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB), Isti Yuniani, SE saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Hasil Pendataan Ketahanan Keluarga di Desa Cimunding Kecamatan Banjarharjo, Rabu (16/9/2019).

Isti menambahkan di Kabupaten Brebes juga ada Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) sebagai pusat konseling bagi keluarga.
“Keluarga yang punya masalah atau calon keluarga baru atau keluarga baru, kalau ingin berkonsultasi, silahkan datang saja ke sekretaris Puspaga,” katanya.

Ketahanan keluarga juga tidak terpisahkan dari permasalahan gender, yang sampai saat ini pun masih banyak pemahaman masyarakat yang keliru tentang gender. Maka pembangunan berbasis gender juga perlu di sosialisasikan secara terus menerus dan mengena pada sasaran.

Salah satu narasumber dari Komisi Perempuan Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah Dini Inayati mengatakan, bahwa pembangunan ketahanan keluarga harus memenuhi lima komponen yaitu komponen legalitas, struktur keluarga dan kemitraan gender, komponen ketahanan fisik, komponen ketahanan ekonomi, komponen ketahanan sosial psikologi dan komponen ketahanan sosial budaya.

Acara tersebut dihadiri oleh unsur pemerintah desa, BPD, LPM, RT/RW, kader posyandu, perwakilan tokoh masyarakat dan agama serta bidan desa. (her)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *