DP3KB Jateng Adakan Peningkatan Usaha Bagi Pekka

DP3KB Jateng Adakan Peningkatan Usaha Bagi Pekka

DP3KB Brebes _ Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan penguatan kapasitas usaha bagi Ibu kelompok Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga atau yang biasa di kenal dengan (PEKKA), di Center Pekka, Kemarin

Kegiatan yang di hadiri oleh 25 peserta dari 5 Desa di kecamatan Larangan yakni Desa Wlahar, Karangbale, Larangan, Luwunggede dan Kendaga berlangsung selama 2 hari.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memperkuat Ibu-ibu sebagai kepala keluarga untuk selalu meningkatkan kesejahteraan keluarga nya dengan kegiatan usaha.
Dhesi Vienayanti, salah satu fasilitator Pekka Kabupaten mengatakan di Kabupaten Brebes terutama di Kecamatan Larangan banyak sekali hasil panen jagung yang belum dimanfaatkan atau di olah sehingga perlunya mengakomodir bahan tersebut untuk di kembangkan lagi.
” Banyaknya SDA di desa perlu di kuatkan untuk menjadi usaha bagi kelompok Pekka sebagai usaha rumahan atau kelompok”, katanya

Dirinya menuturkan dengan kegiatan ini para kader Pekka bisa mendapatkan ilmu usaha baru dan semangat dalam membuat usaha yang akan di dapatkan dari kegiatan ini.
” Berharap dari kegiatan yang akan dilaksanakan nanti mereka bisa membuat olahan makanan dari bahan baku sekitar”, tuturnya lagi.

Dengan banyaknya olahan yang akan di buat nanti akan menjadi usaha yang bisa berkembang bahkan maju untuk di terapkan di desanya masing-masing. ” Hingga saat ini permintaan makanan olahan seperti itu sudah mulai rame bahkan ada permintaan pengusaha asal Slawi kabupaten Tegal yang siap memasarkan”, tambahnya.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Disperindag Brebes, DP3KB bidang Dalduk dan PPPA Kabupaten Brebes dan langsung melakukan praktek pembuatan emping jagung, jus jagung, tortila jagung, nuged jagung, dan brondong jagung.

Sementara itu, Kunisah (36) salah satu peserta mengungkapkan rasa senangnya bisa belajar usaha lebih banyak lagi dan langsung praktek di tempat.
” Dengan workshop ini semoga ibu ibu Pekka bisa menjadi pelopor agar menjadi pengusaha yang kreatif dan produktif”, ungkapnya.(Dardirjo)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *