DP3KB Brebes Gelar Kongres Anak 2022

DP3KB Brebes Gelar Kongres Anak 2022

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Brebes (DP3KB) menggelar kegiatan Kongres Anak Brebes tahun 2022 dengan menggunakan protokol kesehatan dari Sabtu hingga Minggu (5 – 6 Maret 2022). Kegiatan digelar di Gedung Korpri, Kabupaten Brebes. Dr. Sri Gunadi Parwoko, M.Kes, Kepala DP3KB, dalam sambutannya menyampaikan anak harus dipenuhi hak-haknya agar mereka dapat tumbuh kembang sesuai dengan harapan.

“Hak anak dimulai dari hak hidup, yang dimaksud tidak hanya lahir hidup saja, tapi hak anak dari janin harus dipenuhi dengan memberikan makanan yang bergizi, setelah lahir diberikan air susu ibu dan diimunisasi agar anak tersebut kuat,” ujar Gunadi.

img

Selanjutnya, kata Gunadi, adalah hak tumbuh kembang yaitu tumbuh secara fisik dan berkembang secara psikis agar anak tidak menjadi stunting dan bersekolah. Yang berikutnya adalah hak perlindungan yaitu tidak ada kekerasan pada anak baik fisik maupun psikis juga. “Terakhir, hak partisipasi, adalah melalui forum anak ini, karena forum anak ini adalah wadah bagi anak untuk melakukan komunikasi dengan pemerintah,” ujar Gunadi.

Masih menurut Gunadi, Forum Anak dan Duta Anak Brebes yang terpilih harus menjadi Pelopor dan Pelapor. “Pelopor adalah penggerak dan contoh yang baik di lingkungan keluarga dan masyarakat. Sedangkan Pelapor adalah ketika melihat dan mendengar ada kekerasan di lingkungan keluarga maupun di sekolah dan ruang publik dapat melaporkan ke PPT Tiara yang menjadi mitra kami yang sudah ada di setiap kecamatan di Kabupaten Brebes.” lanjut Gunadi.

Sementara itu Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Eni Listiana, S.IP mengatakan kegiatan ini dilakukan oleh pengurus Forum Anak Kabupaten Brebes. “Kegiatan selama 2 hari ini difasilitasi oleh kami, namun dari sisi acara dari awal hingga akhir kami serahkan pada anak, dari oleh dan untuk anak itu sendiri, karena kami memberikan ruang dan kesempatan pada anak agar mereka mampu berkreasi sesuai dengan kemampuan mereka,” kata Eni.

img

Hari terakhir kegiatan Kongres Anak dihadiri oleh 50 anak. Mereka adalah perwakilan 17 anak terpilih Aliyah Ar Rahmah dari SMPN 2 Brebes sebagai Juara 1 Duta Anak Brebes, Zahrotul Hayyah dari MAN 1 Brebes Juara 2 Duta Anak Brebes, Zaskia Reina dari SMPN 2 Brebes sebagai juara 3 Duta Anak Brebes, dan Kayla Ayunda dari SMPN 1 Brebes sebagai Juara Favorit Duta Anak Brebes tahun 2022.

img

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *