DP3KB Adakan Penguatan Kapasitas untuk Fan-Deja

DP3KB Adakan Penguatan Kapasitas untuk Fan-Deja

Brebes DP3KB _ Seluruh pengurus dan anggota Forum Anak Parereja (Fan-Deja) diberikan penguatan kapasitas oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3KB) di Aula Balaidesa Parereja, Minggu (10/9).

Forum anak yang sudah terbentuk perlu adanya penguatan kapasitas dan refresh, agar anak lebih memahami tentang forum anak baik manfaat maupun langkah apa yang bisa dilakukan oleh forum anak dan agar forum anak yang sudah terbentuk lebih bersemangat.

Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Dra. Rini Pujiastuti mengatakan anak adalah pemegang estafet pemerintah yang akan datang, maka harus dipersiapkan dari sekarang. Usaha yang dilakukan oleh DP3KB dengan membentuk dan memfasilitasi Forum Anak.

“Anak harus benar-benar mendapatkan haknya, agar tumbuh kembang anak benar-benar maksimal. Mohon untuk semua pengurus dan anggota Fan-Deja agar lebih memperhatikan apa yang disampaikan oleh narasumber, agar nantinya ilmu yang didapat di forum ini bisa bermanfaat baik untuk pribadi masing-masing maupun bagi masyarakat luas,” katanya.

Manfaat forum anak sangat luas, baik bagi anak sebagai anggota forum, bagi orang tua, masyarakat dan pemerintah. Selaku pemerhati anak dan pendamping anak Adi Assegaf mengungkapkan pentingnya dan manfaat yang sangat luas adanya forum anak baik di desa, kecamatan maupun kabupaten.

” Forum anak banyak sekali manfaat bagi anak salah satunya adalah mempersiapkan anak menjadi seorang pemimpin dikemudian hari. Maka anak harus dipersiapkan dari sekarang. Tapi intinya terbentuknya forum anak agar anak kita bisa mendapatkan semua haknya dan tetap bisa melaksanakan semua kewajibannya,” ungkapnya.

Adi menambahkan masyarakat dan pemerintah punya peranan yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak dan memberikan perlindungan bagi anak.
” Anak bisa tumbuh dengan baik kalau didukung dengan lingkungan yang baik pula, maka perlu kerjasama semua pihak agar semuanya bisa terwujud. Baru-baru ini Kabupaten Brebes mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak tingkat Madya,” tambahnya.

Salah satu pengurus Fan-Deja, Shinta (15) mengungkapkan pengalamannya ikut dalam forum anak, semakin menambahkan pengetahuan.


“Di Fan-Deja saya jadi tau hak dan kewajiban kita sebagai anak. Wawasan dan pengetahuan saya bertambah sejak bergabung di Fan-Deja, saya lebih percaya diri dan mendapatkan ilmu tentang leadership serta cara mengolah organisasi secara baik. Intinya saya sangat senang di Fan-Deja,” ungkapnya.

Di acara tersebut juga diperkenalkan bahwa di Kabupaten Brebes sekarang ada Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang tugasnya adalah sebagai tempat masyarakat belajar dan berkonsultasi tentang pengembangan pendidikan keluarga. Dan nantinya Puspaga akan berkantor di DP3KB. (herwanto)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *