Cegah Stunting dengan Edukasi Ibu Hamil dan Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif di 1.000 HPK

Cegah Stunting dengan Edukasi Ibu Hamil dan Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif di 1.000 HPK

Kolaborasi BKKBN, Dexa Group dan Pemda Kab. Brebes

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berusaha keras untuk mencapai target dalam rangka menurunkan prevalensi stunting sesuai dengan arahan Presiden yaitu mencapai angka di bawah 14 persen pada tahun 2024. Untuk itu BKKBN bekerjasama dengan berbagai mitra, salah satunya adalah Dexa Group dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Brebes bekerjasama menggelar kegiatan Cegah Stunting dengan Edukasi Ibu Hamil dan Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif di 1.000 HPK di Kabupaten Brebes, Sabtu 22 Oktober 2022 di Hotel Grand Dian Brebes.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BKKBN RI, Anggota DPR RI, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Bupati Brebes, Wakil Bupati Brebes, Forkopimda dan Beberapa Kepala OPD Kabupaten Brebes dan Dokter Spesialis sedangkan untuk Peserta adalah ibu hamil, ibu menyusui, bidan, perwakilan Koordinator Penyuluh KB dan Tim Pendamping Keluarga.

Dr. dr. Hasto Wardoyo, SP.OG.(K) menyampaikan bahwa terjadinya stunting salah satunya karena kurangnya memperhatikan gizi seimbang sehingga kurang mendapatkan protein dan mengakibatkan gagal tumbuh. “Karenanya ASI eksklusif itu penting sekali dan terima kasih kalau Dexa mempromosikan produk lokal yang bersumber dari tanaman lokal. Beliau juga menyampaikan bahwa orang pendek belum tentu stunting, tapi orang stunting pasti pendek dan mempunyai kemampuan intelektual dibawah rata-rata, jadi untuk bersaing secara akademik menjadi lebih sulit”. Pada kegiatan ini Dr. dr. Hasto Wardoyo, SP.OG.(K) menyempatkan untuk berinteraksi dengan peserta melalui tanya jawab, sebagai apresiasi bagi peserta yang aktif dan tepat menjawab diberikan hadiah doorprize yang sudah disediakan. pada akhir materi Dr. dr. Hasto Wardoyo, SP.OG.(K) menyampaikan beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan janin, hal ini sebagai edukasi bagaimana dan kapan waktu yang tepat bagi ibu hamil memeriksakan kandungan dan juga memperhatikan kesehatan ibu dan janinnya.

Presiden Direktur PT Dexa Medica, V. Hery Sutanto, memperkenalkan diri berasal dari kabupaten Brebes, orang tua tinggal di Kecamatan Jatibarang Kabuapten Brebes, beliau menyampaikan komitmen Dexa Group  berperan aktif mendukung percepatan penanganan stunting di Indonesia. Untuk mencegah stunting, Dexa Group melakukan inovasi di bidang farmasi melalui produk produknya, salah satunya produk HerbaAsimor yang dikembangkan dari kekayaan alam Indonesia yang berperan membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. HerbaAsimor menggunakan bahan alam asli Indonesia yakni daun katuk, daun torbangun, dan fraksi bioaktif ikan gabus yang diolah dengan teknologi modern.

Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, S.E., M.H. menyampaikan bahwa stunting adalah urusan yang sangat penting untuk segera diatasi, stunting masih menjadi isu prioritas nasional. Saat ini Kabupaten Brebes menjadi daerah yang memiliki angka stunting tinggi. Bahkan, brebes menempati urutan ke tiga di Jawa Tengah. Beliau juga mengajak kepada peserta agar menggunakan Metode KB Jangka Panjang seperti Implant atau IUD.

Yunita Dyah Suminar, SKM., M.Sc., M.Si., selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, menyampaikan perlunya kerjasama lintas sektor dalam upaya pencegahan stunting di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Brebes. sedangan Koordinator POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) dr. Sigit Laksamana, M.Si, Med, Sp.Og. menambahi pesan dari Kepala BKKBN RI tentang pentingnya melakukan pemeriksaan kandungan sejak dini dan memperhatikan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan).

Dalam kesempatan yang sama juga disampaikan Edukasi pencegahan stunting melalui platform digital aplikasi “Teman Bumil”. Aplikasi ini dapat diakses oleh para ibu hamil di seluruh Indonesia. Aplikasi ini membantu keluarga untuk menemukan informasi mulai dari masa prakonsepsi, menjalani proses kehamilan, melahirkan, menyusui, hingga memantau tumbuh-kembang anak pada 1.000 hari pertama kehidupan. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan pemahaman terkait stunting melalui sosialisasi dan edukasi.

img

Download Aplikasi Temen Bumil

 

 

 

 

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.