Cegah Kumuh, Warga Desa Buara Percantik Selokan

Cegah Kumuh, Warga Desa Buara Percantik Selokan

Brebes (dp3kb.brebeskab.go.id) – Puluhan warga Dusun Limbangan, Desa Buara, Kecamatan Ketanggungan ikut serta dalam kerja bakti yang dipelopori oleh Karang Taruna Bhakti Kirana. Kerja bhakti ini diselenggarakan dalam rangka menyambut perayaan HUT RI yang ke- 74. Ada 2 hal yang menjadi fokus masyarakat pada kerja bhakti kali ini, yaitu normalisasi selokan dan mempercantik daerah kumuh.

Suntoro selaku Ketua Karang Taruna menuturkan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam membersihkan selokan yang penuh dengan sampah.

“Bersama masyarakat kami berusaha untuk membersihkan dan mempercantik selokan agar menghilangkan kesan kumuh dilingkungan kami” tambah Suntoro. Jumat (02/08/2019)

Kegiatan ini dilatar belakangi oleh kegelisahan masyarakat melihat banyaknya sampah yang berserakan sehingga menimbulkan adanya daerah kumuh.

Casniti, satu dari sekian warga yang merasa senang dengan adanya kegiatan ini karena bisa mengembalikan fungsi selokan serta mempercantik daerah – daerah kumuh dilingkungannya.

“Saya berharap kegiatan ini rutin diadakan, sehingga lingkungan akan tetap terjaga kebersihan dan keindahannya” ucap Casniti

Rencananya kegiatan ini akan dimasukan kedalam program kerja rutin Karang Taruna Bhakti Kirana. Tujuannya agar kegiatan semacam ini menjadi perhatian bagi desa-desa lain dalam menjaga kebersihan dan mempercantik lingkungan.

Salah satu warga yang ikut serta dalam kerja bhakti juga menuturkan bahwa kegiatan seperti ini harus terus diagendakan, terutama oleh para pemudanya agar kelak sudah terbiasa terjun ditengah-tengah masyarakat

“Bagi saya inilah momen untuk merubah cara pendang masyarakat tentang lingkungannya, agar mereka juga sadar akan pentingnya kebersihan” tambah Heryana

Partisipasi masyarakat ternyata tidak hanya melalui sumbangan tenaga saja, tetapi sebagian masyarakat juga menyediakan makanan ringan dan jamuan alakadarnya untuk warga yang sedang terlibat dalam kegiatan ini.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini akan memupuk solidaritas dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar” tandas Suntoro

Suntoro juga menambahkan bahwa pihaknya akan terus menggandeng masyarakat, untuk bersama-sama memajukan desanya melalui kegiatan yang bermanfaat. (Auliya Imam Maulana)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *