Bikin Akta Kelahiran Usia Anak di Brebes Gratis

Bikin Akta Kelahiran Usia Anak di Brebes Gratis

Mulai 16 Agustus 2017 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Brebes menggratiskan biaya membuat akta kelahiran. Ini hadiah untuk penduduk Kabupaten Brebes usia 0 -18 tahun.

Dasar hukum tidak dipungut biaya yakni, Perda Kabupaten Brebes Nomor 9/2014 Pasal 63, Peraturan Bupati Brebes Nomor 015 Tahun 2017 Pasal 50, dan Surat Keputusan Bupati Brebes Nomor 470/458 Tahun 2017 Tentang Keringanan Berupa Pembebasan Denda Administratif Keterlambatan Pelaporan Kelahiran Bagi Penduduk Usia 0 sampai dengan 18 Tahun Dalam Rangka Program Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs. Asmuni, M.Si di ruang kerjanya, Jumat Kemarin.

Untuk memperoleh dokumen akta kelahiran, usahakan jangan lewat perantara, datanglah langsung ke instansi Dinas dengan membawa persyaratan
1.F.C Kartu Keluarga, 2. F.C KTP ayah ibu
3. Surat Kelahiran yang asli dari desa /puskesmas / rumah sakit, 4. F. C Buku Nikah yang sudah di legalisir oleh KUA, 5. F. C KTP saksi 2 orang, 6. Mengisi formulir di Dukcapil.

Asmuni menjelaskan, ini adalah upaya mendekatkan dan memudahkan pelayanan pada masyarakat.

” Pelayanan untuk warga di Brebes dilaksanakan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes, proses yang sangat mudah dan ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) tanpa harus menunggu terlalu lama seperti biasanya,” imbuhnya.

Sementara itu, Adi Assegaf salah satu pegiat sosial mengapresiasi terobosan yang dilakukan pihak pemerintah Kabupaten Brebes, lewat penggratisan akta kelahiran usia anak, diharapkan dalam tahun ini targetnya baik.

” Peran ormas dan organisasi profesi ataupun komponen masyarakat untuk mensosialisasikan menjadi penting, termasuk peran media cetak, elektronik dan online, juga diharapkan untuk mempublikasikan informasi ini,” pungkasnya. (Bahrul Ulum)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *