Belajar di Luar Kelas Serentak

Belajar di Luar Kelas Serentak

Brebes – Begitu gembiranya anak-anak pelajar SD/MI, SMP/MTs baik Negeri maupun swasta mengikuti kegiatan yang luar biasa yakni gerakan dunia Satu Hari Belajar di Luar Kelas (Outdoor Classroom Day). Selama satu hari, aktivitas siswa dilaksanakan di luar kelas. Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk karakter siswa yang diperlukan di abad 21.

Ragam kegiatan dari mulai senam, menggambar, memainkan permainan tradisional, hingga kegiatan membaca atau menulis untuk meningkatkan kreativitas anak selama di luar kelas.

Melalui pembelajaran diluar kelas, tak nampak raut wajah anak begitu tegang, bahkan mereka menyambutnya dengan gembira, angin sepoi-sepoi, terik matahari langsung menyengat dibadannya, namun tidak membikin mereka mengeluh bahkan semakin asik karena banyak ragam aktivitas yang harus dilakukan.

Teknik outbound yang ada disejumlah obyek wisata alam, menjadi daya tarik tersendiri, wajar saja ada beberapa instansi baik swasta maupun pemrrintaj melakukan meeting atau pelatihan beberapa hari dengan memanfaatkan kekompakan dan komunikasi lewat kegiatan belajar di luar kelas dan ini tidak membikin jenuh.

Belum semua sekolah menerapkan pembelajaran diluar kelas, paling ada mapel IPA atau IPS, mereka dikenalkan ilmu tentang mengenal cara budidaya lewat mencangkok, stek pohon, atau sejenisnya.

Regulasi tentang pembelajaran di luar sekolah mestinya harus di gagas dari aspek regulasinya, sehingga sekolah yang melakukan pembelajaran di luar sekolah bisa dipayungi hukum dalam mendidik putra putrinya.

Keakraban dan kesan persahabatan saat diluar sekolah semakin kuat, memang akan menjadi kendala bagi sekolah yang tidak punya halaman sekolah untuk  kegiatan belajar di luar kelas, namun pihak sekolah mesti akan melakukan improvisasi untuk menuju perbaikan dan mutu pembelajaran.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *