30 Peternak Kambing di Kampung KB Mendapatkan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak

30 Peternak Kambing di Kampung KB Mendapatkan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak

Pruwatan ( dp3kb brebeskab. go.id) – Bertempat di halaman musolla Darunnajah tanggal 09/08/2019 warga RW 08 dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta membarikan pelatihan kepada peternak kambing terkait pembuatan pakan ternak.

Kegiatan ini di maksud agar kambing yang di pelihara mendapatkan nutrisi yang baik, dàn bisa mengurangi biaya setiap hari, apalagi di saat musim kemarau , mencari rumput sangat susah, melalui pemanfaatan bahan alami berupa kedebog pisang, bisa di jadikan bahan pakan ternak yang kaya gizi bagi hawan kambing.

Penyuluh peternakan dari dinas Kabupaten Brebes Munir mengatakan, perlunya sosialisasi tentang pemeliharaan ternak kambing agar menghasilkan pendapatan keluarga yang maksimal. Pihaknya siap mengadakan pertemuan membahas cara – cara berternak yang modern dan menganjurkan untuk membuat kelompok ternak kambing.

Sementara itu salah satu mahasiswa KKN Eser yang mengajarkan materi mengatakan, dengan membuat pàkàn ternàk kambing permentasi dari bahan dasar kedebog pisang, bekatul, MA 11, molases/tetes tebu, cara ini dapat membantu peternak kambing untuk menghemat tenaga dan waktu.

Kemudian salah satu warga dari peternak kambing Slamet (51 tahun) mengatakan, cara – cara ini solusi berternak tanpa ngarit, sehingga bisa meningkatkan pendapatan keluarga.

Kontributor : Maemunah Kampung KB

Editor : Bahrul Ulum

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *